ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pernyataan sikap dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Blitar Raya terhadap kondisi warga muslim Rohingya di Myanmar, dalam bentuk aksi unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi, Selasa (05/09).

Di kantor DPRD Kota Blitar, ada 7 pernyataan sikap yang disampaikan HMI Blitar Raya. Diantaranya mengutuk kejahatan kemanusiaan yang dilakukan bhiksu Budha dan aparat keamanan Myanmar terhadap etnis rohingya, serta mendesak Pemerintah Indonesia untuk menekan Pemerintah Myanmar agar menghentikan tindak kejahatan kemanusiaan tersebut.

Korlap Aksi HMI Blitar Raya, Nuris Eka Widi Kusuma mengatakan, aksi ini sebagai wujud dalam memberikan kesamaan bahwa penjajah dunia harus dihapuskan seperti amanat dari pembukaan UUD RI 1945. Ia menyebut, perlu adanya upaya solidaritas dalam rangka desakan kepada pihak Myanmar untuk menghentikan kasus penindasan dan sampai berujung kematian. Karena menurutnya, aksi kekerasan ini merupakan kejahatan dunia.

Dalam unjuk rasa itu, juga digelar salat gaib untuk mendoakan warga muslim rohingya di Myanmar. “Kita doakan yang terbaik kepada saudara sesama muslim dan sesama manusia disana, agar mereka terhindar dari segala macam bentuk kekerasan dan intimidasi maupun diberi keselamatan dari aksi kejam Pemerintah Myanmar,” tandasnya, Selasa (05/09).

Pernyataan sikap dalam bentuk aspirasi ini langsung mendapat respon oleh pihak DPRD Kota Blitar melalui forum terbuka di kantor DPRD Kota Blitar. Anggota DPRD dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Blitar, Agus Zunaidi mengatakan, DPRD tidak mempunyai otoritas dalam hal tersebut.

Namun ia menegaskan bahwa semua fraksi di DPRD Kota Blitar juga akan mendesak Pemerintah Pusat dalam hal ini DPR RI untuk segera melakukan aksi kemanusiaan kepada warga muslim rohingya di Myanmar. Menurutnya, DPRD Kota Blitar siap mendukung pernyataan sikap dalam bentuk apapun baik legal maupun formal.

“Bentuk desakan itu bisa kita lakukan melalui pejabat yang duduk di Pemerintah Pusat seperti fraksi kami yang mempunyai Menteri Agama. Sehingga kita bisa menyampaikan pernyataan sikap ini kepada Menteri Agama untuk segera mengambil tindakan atau mendesak Pemerintah agar melakukan aksi melindungi warga muslim yang ada di rohingya Myanmar,” kata Agus.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana aksi HMI Blitar Raya.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/09/050917-fat-blitar-rohingya-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/09/050917-fat-blitar-rohingya-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,blitar,hmi,rohingya
ADAKITANEWS, Kota Blitar - Pernyataan sikap dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Blitar Raya terhadap kondisi warga muslim Rohingya di Myanmar, dalam bentuk aksi unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi, Selasa (05/09). Di kantor DPRD Kota Blitar, ada 7 pernyataan sikap yang disampaikan HMI Blitar Raya. Diantaranya mengutuk kejahatan kemanusiaan yang...