ADAKITANEWS, Sidoarjo – Proses perhitungan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Klantingsari Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo terhambat. Hal itu diketahui lantaran adanya human error saat perhitungan e-Voting.

Dikonfirmasi Tim Adakitanews.com, M Bashori Alwi, SSos, MAP, panitia Pilkades serentak dari unsur Bappeda Pemkab Sidoarjo mengatakan, hambatan yang terjadi pada proses perhitungan suara di Desa Klantingsari adalah karena adanya human error atau kesalahan saat mengisi daftar hadir.

“Mungkin petugas yang ada di sana kurang paham. Jadi ada ketidaksamaan data antara daftar pemilih yang hadir dengan data yang muncul. Dimungkinkan human error saat mengisi atau mengecek list daftar hadir,” kata Bashori, Minggu (25/03).

Ketidaksamaan data tersebut, kata Bashori, terlihat dari jumlah pemilih yang datang memberikan hak suaranya, dengan data yang muncul di mesin e-voting. “Jadi karena itu, ada salah satu saksi dari calon yang kalah, tidak mau menandatangani hasil tersebut,” tambahnya.

Meski demikian, Bashori menegaskan bahwa berdasarkan aturan pelaksanaan Pilkades serentak, hasil perhitungan suara tersebut tetap dianggap sah. “Menurut aturan main, jika terjadi perbedaan semacam itu, maka yang dipakai adalah data riil suara pemilih yang dihitung. Bukan daftar hadir,” jelasnya.

Desa Klantingsari Kecamatan Tarik merupakan satu dari 17 desa se-Kabupaten Sidoarjo, yang menggelar Pilkades serentak pada Minggu (25/03), dengan menggunakan metode baru yakni e-Voting. Sementara, total desa yang menggelar Pilkades seretak pada tahun ada sebanyak 70 desa.

Terpisah Kasubbag Humas Polresta Sidoarjo, AKP Suwarto saat dikonfirmasi Tim Adakitanews.com mengatakan, dari hasil pemantauan Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji di beberapa titik penyelenggaraan Pilkades serentak, dipastikan bahwa pelaksaan pilkades aman dan kondusif.

“Sampai sekarang, info yang kami peroleh, pelaksanaan Pilkades serentak masih aman dan kondusif,” katanya, Minggu (25/03) sore.

Sementara saat ditanya soal adanya human error perhitungan e-voting di Desa Klantingsari Kecamatan Tarik, AKP Suwarto mengaku pihaknya belum menerima laporan. “Untuk sementara kami belum info,” katanya.(sid3)

Keterangan gambar: Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji saat meninjau pelaksanaan Pilkades.(ist)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/WhatsApp-Image-2018-03-25-at-21.18.43.jpeghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/WhatsApp-Image-2018-03-25-at-21.18.43-150x150.jpegREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,e-voting,pilkades serentak,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo – Proses perhitungan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Klantingsari Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo terhambat. Hal itu diketahui lantaran adanya human error saat perhitungan e-Voting. Dikonfirmasi Tim Adakitanews.com, M Bashori Alwi, SSos, MAP, panitia Pilkades serentak dari unsur Bappeda Pemkab Sidoarjo mengatakan, hambatan yang terjadi pada proses...