Wukuf@dakitanews Kediri – Perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijah 1435 H dirayakan tidak bersamaan di Kota Kediri. Sebagian warga merayakan shalat Idul Adha pada Sabtu (4/10) besuk. Sebagian lainnya masih akan menunaikan shalat Idul Adha Minggu(5/10).

Warga yang memilih shalat Idul Adha besuk didasarkan pada wukuf di padang arafah Jumat (3/10) hari ini. Sebagaimana syariat yang diyakini, shalat Idul Adha dilaksanakan setelah wukuf di padang arafah yang dilaksanakan para jamaah haji.

Sementara sebagian warga yang lain baru akan menunaikan ibadah shalat Idul Adha pada hari Minggu sesuai jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah.Kasi Bimas Muamal menyatakan masyarakat tidak usah mempersoalkan perbedaan Hari Raya Idul Adha 1435 H karena memang waktu serta tempatnya antara Indonesia dan Arab Saudi berbeda.

“Keputusan Sidang Isbat Kementrian Agama menetapkan 10 Zulhijjah 1435 H jatuh pada Minggu 5 Oktober 2014. Sementara Arab Saudi menetapkan 10 Zulhijjah pada Sabtu 4 Oktober 2014. Sehingga para jamaah haji wuqufnya di Padang Arofah hari ini,” jelas Muamal, Jumat(3/10).

Muamal menambahkan meskipun penetapan Hari Raya Idul Adha berbeda namun hal itu jangan sampai mengganggu nilai ibadah .” Meskipun, shalat Idul Adhanya berbeda, masyarakat tidak perlu mempersoalkan hal ini. Karena waktu serta tempat wilayah bagian barat dan timurkan memang berbeda,” imbuh Muamal.(tya)

Keterangan Gambar : Ilustrasi Jamaah Haji

RedaksiPolitik
@dakitanews Kediri – Perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijah 1435 H dirayakan tidak bersamaan di Kota Kediri. Sebagian warga merayakan shalat Idul Adha pada Sabtu (4/10) besuk. Sebagian lainnya masih akan menunaikan shalat Idul Adha Minggu(5/10). Warga yang memilih shalat Idul Adha besuk didasarkan pada wukuf...