141005_030632141005_030822141005_030959141005_031117@dakitanews Surabaya – Hari ini sebagian besar umat Muslim di Indonesia merayakan Idul Adha 1425 H, minggu 5 Oktober 2014. Di Surabaya sejumlah umat muslim merayakan Idul Adha dengan mengawalinya dengan Salat Ied di lapangan ataupun masjid.

Seperti yang dihimpun wartawan @dakitanews di daerah Pakis Gelora Pancasila Jl. dr Sutomo di Masjid Al-Hikmah Surabaya, sholad Idul Adha dimulai pkl 06.00 pagi diikuti oleh warga dari RT 1-4 RW 08 dr. Sutomo Surabaya.

Salat Ied dipimpin langsung oleh Ustad Muhammad Najib. Dalam kotbahnya, Muhamad Najib memberikan pesan untuk warga Surabaya khususnya daerah Pakis Gelora Pancasila untuk “meneladani ketaatan pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim”.

Dalam kesempatan Idul Adha tahun ini  warga jemaah Masjid Al Hikmah sepakat melakukan kurban bersama. Jemaah Masjid dan warga dengan antusias memberikan kurban bersama agar semakin terjalin keakraban diantara warga dan jemaah Masjid. Selain itu kurban bersama dapat menarik siapa saja yang ingin berpartisipasi sehingga jemaah diberikan kesempatan untuk bersedekah di hari Idul Adha ini. “Diharapkan acara hari ini berjalan lancar dan tertib” tutur Asmari selaku ketua panitia.

Sebanyak 18 kambing dan 5 sapi dari Kediri di sembelih di halaman Masjid . Sejak usai Salat Ied warga sudah memenuhi halaman masjid untuk membantu proses penyembelihan hewan kurban. Tidak kurang 55 warga terlibat aktif dalam kegiatan tersebut. Rencananya setelah selesai pemotongan daging kurban, warga yang sudah terdaftar untuk menerima akan langsung diberikan daging kurban melalui ketua RT masing-masing. Sekitar 300 kepala keluarga di RT 1-4 RW 08 akan menerima langsung di rumah masing-masing tanpa perlu mengantri di Masjid.

“Tujuan pembagian kurban hari ini tak lain adalah saling berbagi kepada semua warga disini, tidak terkecuali kepada warga yang non-muslim sebagai bentuk kerukunan anatar agama yang sudah terjalin di daerah ini dan sebagai sebagai wujud terimakasih atas nikmat yang telah diberikan Allah. Dengan berqurban kita mensyukuri apa yang Allah telah berikan, semua warga yang tidak mampu maupun yang mampu akan kebagian, tidak ada yang tidak kebagian” ungkap Ahmad Solikhin,Takmir yang bertugas dan Pak A Shomad selaku panitia. (alex)

Keterangan Gambar : Pemotongan hewan Qurban di Masjid Al Hikmah Surabaya

Keterangan Gambar : Penyembelihan hewan qurban di masjid Al – Hikmah Surabaya

RedaksiDaerahidul adha,Masjid Alhikmah Surbaya
@dakitanews Surabaya - Hari ini sebagian besar umat Muslim di Indonesia merayakan Idul Adha 1425 H, minggu 5 Oktober 2014. Di Surabaya sejumlah umat muslim merayakan Idul Adha dengan mengawalinya dengan Salat Ied di lapangan ataupun masjid. Seperti yang dihimpun wartawan @dakitanews di daerah Pakis Gelora Pancasila Jl. dr Sutomo...