IMG_20160128_165427_070ADAKITANEWS, Jombang – Sudah 8 anak meninggal dunia dari 143 kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Namun, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang enggan menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap DBD.

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko beralasan, penetapan status KLB bukan satu-satunya jalan keluar untuk menanggulangi kasus demam berdarah di Jombang. Menurutnya, status KLB harus membutuhkan anggaran yang cukup besar, sedangkan saat ini Pemkab belum memiliki cadangan dana untuk menanggulangi kasus DBD.

“Karena kalau kita lakukan status KLB otomatis satu, kita belum dianggarkan di APBD, kalau pak Dewannya menyampaikan begitu anggarannya dari mana?,” ujar Nyono Suharli kepada sejumlah wartawan, Kamis (28/01).

Lebih lanjut Nyono Suharli mengklaim, bahwa jumlah kasus DBD di Jombang tahun ini lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  Jika pada bulan Januari tahun 2015 lalu terdapat 154 kasus dengan angka kematian sebanyak tujuh kasus. Sedangkan, di bulan Januari yang belum genap ini Dinas kesehatan setempat baru mencatat sekitar 143 kasus dengan angka kematian sebanyak delapan orang.

“Kalau kita menyatakan status KLB semua desa harus kita fogging, harus kita punya anggaran, ini yang memang belum ada yang dicadangkan,” kata Nyono Suharli.

Nyono Suharli menegaskan, untuk menekan jumlah kasus demam berdarah ini, pihaknya bakal terus mengoptimalkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan metode 3 M plus, yakni Menguras, Mengubur dan Menutup serta memberi oles lotion anti nyamuk. “Memang, angka korban meninggal tahun ini lebih banyak daripada tahun kemarin dengan korban masih di bawah 15 tahun. Maka kami akan mengoptimalkan PSN dengan metode 3 M plus,” jelas Bupati Jombang.(Tari/Jati).

Keterangan Gambar : Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko.

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/01/IMG_20160128_165427_070.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/01/IMG_20160128_165427_070-150x150.jpgREDAKSIDaerahdbd,jombang,klb,korban
ADAKITANEWS, Jombang – Sudah 8 anak meninggal dunia dari 143 kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Namun, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang enggan menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap DBD. Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko beralasan, penetapan status KLB bukan satu-satunya jalan...