palak@dakitanews Jombang – Seorang preman kampung, Yusuf Setyawan ,24, tewas mengenaskan setelah dikeroyok massa di Jl Raya Sungai Brantas Desa Menturus, Kecamatan Kudu, Jombang, Senin (22/9). Sebelumnya, warga Dusun Tlatah, Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu, ini memalak seorang sopir truk yang sedang melintas.

Informasi yang dihimpun @dakita.com menyebutkan, aksi pemalakan tersebut, terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Ceritanya, Saipul (26), warga Desa Suka Marga, Kecamatan Sajira, Lebak, Banten bersama dengan Rully (23), warga asal Desa Kampung Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Bogor, sedang mengemudikan truk tronton bernopol B 9161 NYU melaju dari arah Barat ke Timur.

Nah, saat melintas di Jl Raya Brantas Desa Menturus, Kecamatan Kudu, truk yang dikemudian Saipul dihentikan oleh Yusuf. Kaget, sopir asal Banten inipun menghentikan laju kendarannya. Sejurus kemudian, pelaku meminta uang sebesar Rp 1 juta kepada korban. Alasannya, uang tersebut untuk pengamanan. Karena tidak mempunyai uang, Saipul tidak mengabulkan permintaan pelaku.

“Karena tidak saya kasih uang, pelaku mengancam akan memanggil teman-temannya untuk menghancurkan truk. Pelaku kemudian mengambil handphone milik saya dan kabur,” kata Saipul menceritakan kronologi kejadian itu.

Melihat handphone temannya dirampas pelaku, Rully yang masih berada diatas truk tronton, bergegas turun. Ia pun mengejar Yusuf bersama dengan Saipul. Apes bagi pelaku, dia terjatuh saat berusaha kabur. Kesempatan itu dimanfaatkan oleh kedua korban untuk menghajar preman kampung tersebut. Selain itu, Saipul dan Rully juga terus berteriak meminta tolong.

Teriakan itu mengundang warga sekitar. Selanjutnya, massa yang datang beramai-ramai mengeroyok Yusuf. Aksi main hakim sendiri itu baru berhenti ketika pelaku tidak berdaya. Selanjutnya, Yusuf dilarikan ke Puskesmas untuk mendapatkan pertolongan media. Sayangnya, warga Kepuhrejo ini menghembuskan nafas terakhir di perjalanan.

“Kami sudah melakukan olah TKP. Satu orang meninggal bernama Yusuf. Sebelum dikeroyok warga, pelaku sempat melakukan pemalakan terhadap sopir truk. Saat ini kami sedang mendalami kasus tersebut,” pungkas Kapolres. (Hanif/Jati)

Keterangan Gambar : Petugas saat melakukan olah TKP

RedaksiHukum Kriminal
@dakitanews Jombang - Seorang preman kampung, Yusuf Setyawan ,24, tewas mengenaskan setelah dikeroyok massa di Jl Raya Sungai Brantas Desa Menturus, Kecamatan Kudu, Jombang, Senin (22/9). Sebelumnya, warga Dusun Tlatah, Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu, ini memalak seorang sopir truk yang sedang melintas. Informasi yang dihimpun @dakita.com menyebutkan, aksi pemalakan tersebut,...