download (4)@dakitanews Kediri – Dua hari jelang Idul Adha Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kediri lakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa penjual hewan kurban. Dalam sidak ini, petugas menemukan hewan yang tak layak dijadikan kurban. Namun, akhirnya petugas merekomendasikan para penjual ataupun pengepul untuk tidak menjualnya.

Dari sidak yang dilakukan di beberapa penjual maupun pengepul hewan kurban wilayah Kediri, Dispertan menemukan belasan hewan yang tidak layak untuk dijadikan hewan korban. Salah satunya hewan kurban jenis kambing yang tidak memenuhi persyaratan hewan kurban, yakni giginya belum tanggal dan hanya memiliki satu testis.

Dalam temuan ini, Dinas Peternakan Kota Kediri menyarankan kepada penjual maupun pengepul hewan kurban untuk tidak menjual hewan itu karena tidak memenuhi syarat. Hewan kurban yang memenuhi syarat penyembelihan kurban yakni hewan yang sehat, aktif, telinga bersih, mata bercahaya, serta tidak cacat fisik.

Haris Tjandra Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kediri mengatakan sidak tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya setiap menjelang idul adha. Karena untuk memeriksa hewan mana yang layak ataupun tidak dalam persyaratan hewan kurban.

“Ini merupakan agenda rutin tahunan kami. Ya sebenarnya untuk memeriksa hewannya layak ataupun tidak disembelih. Kalau tidak layak, nanti penjualnya kami larang untuk menjualnya,” jelas Haris.

Sofyan salah seorang penjual kambing mengatakan dirinya sengaja dari Trenggalek dan datang ke Kota Kediri hanya untuk berjualan hewan kurban. Karena menurutnya di Kediri peluang usahanya cukup tinggi.

“ Saya sengaja menjual hewan kurban di Kediri, karena peluangnya besar, omsetnya pun juga lumayan. Soalnya kan disini rata-rata dekat pondok, jadi banyak yang membeli. Kalau harga kambingnya bervariasi, pokonya berkisar antara 2 juta hingga 3,5 juta per ekor,” jelas Sofyan.(tya)

Keterangan Gambar : Ilustrasi tempat penjualan hewan kurban

RedaksiPolitik
@dakitanews Kediri – Dua hari jelang Idul Adha Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kediri lakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa penjual hewan kurban. Dalam sidak ini, petugas menemukan hewan yang tak layak dijadikan kurban. Namun, akhirnya petugas merekomendasikan para penjual ataupun pengepul untuk tidak menjualnya. Dari sidak yang dilakukan di...