sidak@dakitanews Jombang – Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Kamis (2/10) periksa sejumlah tempat penjualan hewan qurban. Pemeriksaan tersebut untuk memastikan bahwa hewan yang dijual memenuhi syarat sebagai hewan qurban.

Pemeriksaan hewan qurban yang dilakukan Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, salah satunya bertempat penjualan hewan di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Jombang. Petugas memeriksa sejumlah kambing mulai dari kelamin, mata, dan gigi. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan bahwa hewan qurban yang dijual memenuhi syarat sebagai hewan qurban.

Selain itu, petugas juga memberikan vaksinasi terhadap hewan qurban agar kesehatannya tetap terjaga,dan untuk menghilangkan stres karena sebagian hewan tersebut di datangkan dari luar kota.

Ahmad Baidlowi, Kepala Dinas Peternakan Jombang saat di konfirmasi mengatakan untuk tahun ini penjualan hewan kurban di Kabupaten Jombang naik hingga 30 persen. Pihaknya juga sengaja memberi vitamin pada hewan-hewan kurban agar kesehatannya tetap terjaga.

“ Hewan kurban kita beri vitamin agar tetap sehat dan tidak stress. Soalnya hewannya didatangkan dari luar kota. Walaupun hewannya ada yang besar dan kecil, tapi semuanya sudah layak untuk dikurbankan dan memenuhi syarat,” jelas Ahmad Baidlowi.

Sementara itu, menurut Ahmad Musthofa penjual hewan qurban saat di konfirmasi @dakitanews.com, mengatakan sudah menjual 80 ekor hewan kurban.

“ Alhamdulilah sudah terjual 80 ekor. Kami jamin hewannya sehat dan bagus, karena kandangnya selalu kami bersihkan. Selain itu, kami juga selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan,” ujar Ahmad Mustofa.

Setelah melakukan pemeriksaan, petugas Dinas Peternakan memberikan surat keterangan kesehatan hewan qurban kepada penjual. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian kepada pembeli, bahwa hewan qurban yang dijual di tempat ini telah memenuhi syarat.(Hanif/Jati)

Keterangan Gambar :  petugas saat memberikan vaksin pada sejumlah hewan kurban

RedaksiPolitik
@dakitanews Jombang - Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Kamis (2/10) periksa sejumlah tempat penjualan hewan qurban. Pemeriksaan tersebut untuk memastikan bahwa hewan yang dijual memenuhi syarat sebagai hewan qurban. Pemeriksaan hewan qurban yang dilakukan Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, salah satunya bertempat penjualan hewan di Jalan Urip...