razia tukar uang

ADAKITANEWS, Jombang – Menejelang lebaran, Kepolisian Jombang, Jawa Timur, mulai gencar mengantisipasi peredaran uang palsu.  Sejumlah penjual jasa tukar uang yang mulai bermunculan di pinggir-pinggir jalan protokol di kota setempat dirazia petugas, Rabu (01/07/2015). Razia itu untuk meminimalisir aksi curang yang dimungkinkan bisa dilakukan oleh pemilik jasa tukar uang maupun para konsumen, dengan menyelipkan pecahan uang palsu atau menukarkan uang palsu dengan harapan meraup keuntungan lebih.

Juru bicara Kepolisian Jombang, Gatot Mustofa, mengatakan, Pemeriksaan dilakukan mulai dari keaslian dan keabsahan uang dengan melibatkan dua petugas dari salah satu Bank setempat. meski tidak ada temuan yang mencurigakan, namun pemeriksaan akan dilakukan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat yang menmanfaatkan jasa dadakan itu.

“Antisipasi menjelang lebaran dimana banyak uang baru beredar, jadi antisipasi adanya uang palsu. Yang diperiksa dari keaslian, keabsahan uang itu palsu atau asli. Untuk sementara ini kami memeriksa dari dua lokasi, sementara masih aman istilahnya mereka pakai uang asli.” Kata Gatot.

Petugas melakukan penyisiran mulai dari Jalan Wahid Hasyim, jalan Ahmad Yani dan jalan Gus Dur. Satu per satu penjual jaza tukar uang dilakukan pemeriksaan. Mulai dari uang pecahan yang ia bawa, uang hasil penukaran konsumen dan identitas para pemilik jasa tukar uang, yang sebagian besar bukan penduduk asli Jombang.

“Identitas untuk mengantisipasi sehubungan dengan meningkatnya kriminalitas menjelang lebaran.” Imbuh Gatot.

Sejak satu minggu terakhir penjual jasa tukar uang mulai marak di Jombang. Uang pecahan baru mulai dari nominal dua ribu rupiah hingga dua puluh ribu rupiah dijajakan dipinggir-pinggir jalan oleh pemiliknya.  Setiap transaksi mereka mengambil keuntungan sebesar 10 persen dari nominal uang yang ditukar. Jasa tukar uang ini muncul dadakan di Jombang setiap tahun saat menjelang lebaran. Mereka memanfaatkan kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan untuk hari raya.(Tari/Jati)

Keterangan Foto : Razia jasa tukar uang antisipasi peredaran Upal.

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/07/razia-tukar-uang.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/07/razia-tukar-uang-150x150.jpgRedaksiDaerahjombang,pedagang,razia,uang
ADAKITANEWS, Jombang – Menejelang lebaran, Kepolisian Jombang, Jawa Timur, mulai gencar mengantisipasi peredaran uang palsu.  Sejumlah penjual jasa tukar uang yang mulai bermunculan di pinggir-pinggir jalan protokol di kota setempat dirazia petugas, Rabu (01/07/2015). Razia itu untuk meminimalisir aksi curang yang dimungkinkan bisa dilakukan oleh pemilik jasa tukar uang...