ADAKITANEWS, Blitar – Hingga saat ini pintu masuk dan pintu keluar jembatan timbang yang berada di Desa Kendalrejo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar masih terpasang plang dan rambu dilarang masuk atau tutup.

Dari dalam kantor jembatan timbang, juga tidak tampak aktivitas pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur maupun dari Kemenhub.

Kondisi tersebut mendapat sorotan dari Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, sebab keberadaan jembatan timbang sebenarnya sangat diperlukan untuk mengatur atau menertibkan truk agar tidak bermuatan melebihi tonase, yang pada akhirnya bisa menjaga agar kondisi jalan tidak cepat rusak. Hanya saja, sejak Maret tahun lalu mereka sudah tidak memiliki kewenangan.

“Karena sejak Maret tahun lalu sudah dialihkan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) ke pusat, maka saat ini bukan kewenangan kami,” kata Supriadi, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Sabtu (07/04).

Meski demikian, lanjut Supriadi, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait agar bisa disampaikan ke Pemprov Jawa Timur dan pusat soal operasional jembatan timbang di Kecamatan Talun itu. Pihaknya berharap agar jembatan timbang itu bisa segera beroperasi mengingat truk yang melintas di Kabupaten Blitar banyak.

“Setidaknya, jembatan timbang itu bisa berfungsi sediakala untuk menertibkan truk yang melebihi tonase,” ujarnya.

Untuk diketahui, sejak Maret 2017 jembatan timbang diberhentikan resmi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Hal itu dilakukan karena kewenangannya berpindah tangan, yang sebelumnya kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, kemudian dialihkan ke Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub).(fat/wir)

Keterangan gambar: Kondisi jembatan timbang di Kecamatan Talun Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/070418-fat-blitar-jembatan-timbang-1024x682.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/070418-fat-blitar-jembatan-timbang-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,blitar,jembatan timbang
ADAKITANEWS, Blitar - Hingga saat ini pintu masuk dan pintu keluar jembatan timbang yang berada di Desa Kendalrejo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar masih terpasang plang dan rambu dilarang masuk atau tutup. Dari dalam kantor jembatan timbang, juga tidak tampak aktivitas pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Dinas Perhubungan (Dishub)...