ADAKITANEWS, Jombang – Kabupaten Jombang kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Setelah beberapa waktu lalu meraih predikat Kabupaten Sehat, kali ini Kabupaten Jombang meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tingkat nasional tahun 2017 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Penghargaan yang ketiga kalinya secara berturut-turut ini, diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H Laoly. Penghargaan diberikan pada Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ke-69 tahun 2017, dengan mengangkat tema Kerja Bersama Peduli Hak Asasi Manusia, di Ballroom Hotel The Sunan Surakarta Provinsi Jawa Tengah, yang juga dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, Minggu (10/12).

“Alhamdulilah, ini merupakan hasil dari kerja keras tim Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) dan seluruh SKPD terkait di Kabupaten Jombang dalam menegakkan HAM,” ucap Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko.

Bupati Jombang mengatakan bahwa tahun 2015 dan 2016 lalu Kabupaten Jombang juga memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM. Dan tahun ini, kata Bupati, Kabupaten Jombang masih dipercaya sebagai daerah yang menjunjung kepedulian terhadap hak masyarakat.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi presiden melalui Menteri Hukum dan HAM atas konsistensi memperjuangkan rasa keadilan di tengah masyarakat,” ucap Nyono Suharli Wihandoko.

Untuk itu Bupati Nyono mengajak semua elemen untuk kerja bersama. “Dan saya mengajak seluruh elemen untuk kerja bersama dan tetap menghadirkan keadilan HAM dan sosial bagi seluruh masyarakat Jombang,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Nyono Suharli Wihandoko juga berharap agar kedepan masyarakat lebih menghargai HAM. “Dimana kita semua mengacu pada aturan yang sudah diatur negara dan kita harus hargai itu,” tandasnya.

Sementara, Kepala Bagian Hukum Pemkab Jombang, Agus Purnomo menjelaskan bahwa penghargaan ini diterima setelah Kabupaten Jombang dalam penilaian telah melebihi capaian atas Parameter Kepedulian HAM.

Parameter penilaian Peduli HAM yang dimaksud, papar Agus, terbagi atas tujuh item. Antara lain hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak serta hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Penghargaan ini dapat diraih karena Pak Bupati terus memberikan arahan dan petunjuk sehingga kami terus bekerja lebih baik,” pungkas Agus.(adv/diskominfo/ar)

Keterangan gambar: Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko sedang menunjukkan penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia.(dok. Humas Pemkab Jombang)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/121217-ar-jombang-HAM-2-898x1024.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/121217-ar-jombang-HAM-2-150x150.jpgREDAKSIAdvertorialadakitanews,Berita,hak asasi manusia,ham,jombang,kabupaten peduli ham,pemkab jombang
ADAKITANEWS, Jombang - Kabupaten Jombang kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Setelah beberapa waktu lalu meraih predikat Kabupaten Sehat, kali ini Kabupaten Jombang meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tingkat nasional tahun 2017 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Penghargaan yang ketiga kalinya secara berturut-turut ini, diberikan...