Kabupaten Kediri Masuk Nominasi Penilaian KTL Oleh Ditlantas Polda Jatim

29
Kediri(adakitanews.com)—Kabupaten Kediri masuk dalam nominasi sebagai kawasan tertib lalu lintas yang dinilai oleh Ditlantas Polda Jatim. Sejumlah lokasi dilakukan penilaian dan dilombakan dengan peserta seluruh wilayah Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Timur.
Jajaran Ditlantas Polda Jatim beserta sejumlah akademisi serta tim penilai melakukan penilaian kawasan tertib lalu lintas di wilayah padat berlalu lintas di Kabupaten Kediri, tepatnya di kawasan Simpang Lima Gumul, Jumat (15/11/2019).
Tim penilai melakukan pengecekan ceklis dan data-data kegiatan. Kemudian, disusul dengan survey dan peninjauan lokasi kawasan tertib lalu lintas (KTL).
Kegiatan itu didampingi Kasat Lantas Polres Kediri AKP Hendry Ibnu Indarto, petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri.
Tim melakukan peninjauan dan mengecek keberadaan rambu lalu lintaslintas. Pengecekan melalui indikator penilaian KTL ini tak hanya rambu-rambu lalu lintas saja, namun juga singkronisasi antara lokasi rambu-rambu lalu lintas dengan lingkungan sekitar.
Rambu-rambu harus terlihat jelas oleh pengguna jalan serta tidak boleh mengahalangi pengguna jalan.
Kawasan tertib lalu lintas adalah suatu kawasan yang dibangun, dibina dan dibentuk serta diawasi untuk menjadi kawasan yang mencerminkan dan mengimplementasikan lalu lintas yang baik dan benar.
Kawasan ini harus dibangun lengkap dengan fasilitas jalan yang layak untuk pengguna jalan baik roda dua atau empat serta pejalan kaki dan yang lebih penting tempat parkir.
Kasi Audit Dan Inspeksi Polda Jatim Kompol Kasiani mengatakan dengan diadakan penilaian KTL ini diharapkan agar masyarakat sebagai obyek pengguna jalan bisa menciptakan Kamseltibcarlantas di wilayah KTL.
“Kenyamanan masyarakat yang paling diutamakan. Karena peraturan tertib lalu lintas agar dipatuhi oleh masyarakat, karena dengan tertib berlalulintas maka terciptanya situasi yang aman, ” ungkap Kompol Kasiani.
Kompol Kasiani menuturkan, secara global kondisi rambu-rambu lalu lintas di wilayah Kabupaten Kediri sudah baik. “Secara keseluruhan Kabupaten Kediri sudah baik, Karena adanya hubungan baik antara instansi yang menjadi pemangku wilayah. Dan juga ada yang berkompeten di masing-masing wilayah ada dari kepolisian sebagai penindakan dan ada Dinas Perhubungan sebagai penyedia peraturan, ” jelas Kompol Kasiani.(gar).