ADAKITANEWS, Nganjuk – Kabupaten Nganjuk mendapatkan penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan itu, disampaikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo melalui Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, di Hotel Sunan Kota Surakarta, Minggu (10/12).

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Nganjuk, Agus Irianto menyampaikan, penghargaan tersebut diterima oleh Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Agoes Soebagjo. Menurutnya, penghargaan itu merupakan sebuah apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten/Kota/Provinsi, yang peduli terhadap pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM), khususnya kepada warga.

Penghargaan Kota Peduli HAM diketahui dirintis sejak tahun 2000. Saat itu, kata Agus, Kabupaten Nganjuk ditangani oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas). “Saat itu disana (kantor Kesbangpolinmas, red), ada seksi pengkajian penanganan masalah aktual dan HAM. Seksi itu, mendorong masyarakat untuk tahu hak-hak mereka sebagai warga negara,” katanya.

Agus menambahkan, melalui sosialisasi-sosialisasi, masyarakat menjadi tahu tentang hak-haknya. “Diantaranya hak tentang kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, kependudukan, perumahan, dan hak lingkungan yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk ini menegaskan bahwa penghargaan ini merupakan yang pertama kalinya diterima Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Ia mengatakan, kedepan pihaknya akan terus meningkatkan pemenuhan HAM di Kabupaten Nganjuk. “Selain itu juga mendorong partisipasi masyarakat terhadap hak dan kewajiban sebagai warga negara,” pungkasnya.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Agoes Soebagjo saat menerima penghargaan Kota Peduli HAM dan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.(dok. Humas Pemkab Nganjuk)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/111217-kur-nganjuk-HAM-3-1024x683.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/12/111217-kur-nganjuk-HAM-3-150x150.jpgREDAKSIAdvertorialadakitanews,Berita,hak asasi manusia,ham,kota peduli ham,nganjuk,pemkab nganjuk
ADAKITANEWS, Nganjuk – Kabupaten Nganjuk mendapatkan penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan itu, disampaikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo melalui Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, di Hotel Sunan Kota Surakarta, Minggu (10/12). Kabag Humas dan Protokol Pemkab Nganjuk, Agus Irianto menyampaikan, penghargaan tersebut diterima oleh...