Kades Kedungturi Tanggapi Isu Penjualan Aset Desa di Wilayahnya

698

ADAKITANEWS, Jombang – Beredarnya kabar terkait adanya penjualan aset Desa Kedungturi Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang oleh pemerintah desa setempat, mendapat tanggapan keras dari Kepala Desa Kedungturi, H Sucipto.

Menanggapi beredarnya informasi penjualan aset desa tersebut, Kades Kedungturi, H Sucipto menegaskan bahwa tidak ada aset desa yang diperjual belikan. “Itu informasi tidak benar, tidak ada aset desa yang dijual,” tegas Kades saat ditemui Tim Adakitanews.com, Kamis (26/10).

H Sucipto menjelaskan bahwasanya ada aset desa atau ganjaran milik perangkat desa berupa lahan persawahan yang dilakukan pengerukan untuk kebutuhan pengurukan kantor desa dan PAUD di desa tersebut. “Sekali lagi saya katakan, tidak ada aset desa yang kami jual. Kami hanya mengambil tanah dari lahan ganjaran Kades dan beberapa perangkat lainnya. Itupun hanya 30 sentimeter,” tuturnya.

Kades Kedungturi juga menjelaskan bahwa yang dilakukannya itu sudah melalui musyawarah dengan seluruh perangkat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat serta Kepala PAUD yang ada di desa tersebut.

“Kami sudah musyawarahkan dengan pemerintah desa dan juga saya sudah koordinasikan dengan Kabag Hukum Pemkab Jombang terkait hal ini,” ujar Kades Kedungturi.

Dilakukannya pengerukan terhadap lahan ganjaran atau aset desa ini, menurut Kades Kedungturi dikarenakan pada tanah ganjaran tersebut butuh dilakukan normalisasi tanah. Hal tersebut lantaran tanah dari lahan ganjaran tersebut kurang produktif.

“Pengerukan kami lakukan dengan tujuan normalisasi, karena tanah ganjaran tersebut kurang produktif dan harus dilakukan pengerukan sedalam 30 sentimeter,” ujarnya H Sucipto pada Tim Adakitanews.com dan disaksikan oleh seluruh perangkat desa setempat.

Untuk diketahui, sempat beredar kabar akan adanya isu unjuk rasa yang dilakukan oleh warga Desa Kedungturi Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang terkait penjualan aset desa yang dilakukan oleh Pemdes setempat. Isu tersebut tersebar melalui pesan singkat di salah satu grup WhatsApp di Jombang.(ar)

Keterangan gambar: Kepala Desa Kedungturi, H Sucipto (baju putih) bersama seluruh perangkat desa.(foto:adi rosul)