ADAKITANEWS, Blitar – Bulan Agustus 2017 mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar akan menggelar Kampanye Gerakan Serentak Imunisasi Measles Rubella atau Imunisasi MR. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memastikan bahwa penduduk Kabupaten Blitar bebas campak dan Indonesia bebas campak tahun 2020.

Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, kegiatan tersebut akan digelar pada Agustus hingga September atau selama dua bulan. “Selama dua bulan itu, Kampanye Gerakan Serentak Imunisasi MR harus sudah tuntas,” ungkapnya, Selasa (11/07).

Menurut Krisna, Kampanye Gerakan Serentak Imunisasi MR bertujuan untuk mencegah penyakit campak dan rubella. Sedangkan sasaran dari kegiatan tersebut, yakni balita mulai dari usia 9 bulan hingga anak usia 15 tahun. Untuk pelaksanaan imunisasi MR itu, akan digelar dalam dua tahap. Tahap pertama untuk bulan Agustus, imunisasi MR dikhususkan untuk anak usia Sekolah Dasar (SD), sedangkan tahap kedua digelar September dengan sasaran khusus balita belum sekolah.

“Pelaksanaan imunisasi MR tersebut digelar di masing-masing Kecamatan. Untuk tahap pertama, pelaksanaan imunisasi MR digelar di sekolah,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Krisna, jumlah balita dan anak usia SD yang menjadi sasaran imunisasi MR sekitar 250 ribu sasaran. Ratusan ribu sasaran itu, harus tuntas hingga akhir September. Artinya, akhir September semua sasaran harus sudah diimunisasi MR. Sebab, jika sampai ada yang terlewatkan atau tidak mengikuti imunisasi MR, dikhawatirkan apabila yang bersangkutan menderita campak maka akan menularkan campak ke orang lain. “Jangan sampai ada yang terlewatkan agar penduduk Kabupaten Blitar benar-benar bebas campak,” tandasnya.

Krisna menuturkan, sebenarnya imunisasi campak telah rutin digelar Dinkes. Namun karena menuju eliminasi campak, maka harus dilakukan Kampanye Gerakan Serentak Imunisasi MR. Meski demikian, balita usia 9 bulan – 15 tahun yang telah mengikuti kampanye MR, tetap akan dilakukan imunisasi campak rutin.

Ditambahkannya, kegiatan Kampanye Gerakan Serentak Imunisasi MR, merupakan kali pertama di Kabupaten Blitar dan Indonesia. Untuk tahun ini kegiatan tersebut dilakukan di seluruh pulau Jawa. Sedangkan untuk luar pulau Jawa akan dilaksanakan tahun 2018. “Kegiatan tersebut merupakan program Pemerintah Pusat untuk Indonesia bebas campak 2020,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar: Krisna Yekti, Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/07/adakitanews20170711_210743-1024x575.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/07/adakitanews20170711_210743-150x150.jpgREDAKSIKesehatanadakitanews,Berita,blitar,campak,imunisasi
ADAKITANEWS, Blitar - Bulan Agustus 2017 mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar akan menggelar Kampanye Gerakan Serentak Imunisasi Measles Rubella atau Imunisasi MR. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memastikan bahwa penduduk Kabupaten Blitar bebas campak dan Indonesia bebas campak tahun 2020. Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten...