ADAKITANEWS, Jombang – Banyaknya masyarakat di salah satu desa di Kabupaten Jombang yang berprofesi sebagai pedagang nasi goreng dan mie goreng keliling, mendorong sejumlah pedagang berinovasi membuat sebuah kampung kuliner.

Warga Desa Kayen Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang, menciptakan sebuah inovasi unik untuk memperkenalkan potensi yang mereka dimiliki. Yakni kampung kuliner yang diberi nama Kampung Mie Indonesia (KAMMII).

Dalam launching Kampung Kuliner tersebut, sekaligus diadakan festival kuliner mie goreng yang diikuti oleh 28 pedagang mie goreng dan nasi goreng gerobak keliling, Minggu (15/10).

H Abdul Kholiq, salah satu penggagas Kampung Mie Indonesia menuturkan bahwa ide kreatif tersebut berawal karena melihat banyaknya warga Desa Kayen yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pedagang mie.

“Kampung Mie Indonesia ini ada karena banyaknya warga yang mayoritas penjual mie goreng keliling, dari seluruh kota di Indonesia banyak penjual mie yang berasal dari desa ini,” papar pria yang juga merupakan pengasuh Yayasan Himmatun Ayat itu.

Kata H Abdul Kholiq, kampung Mie Indonesia ini rencananya akan dijadikan sebuah destinasi wisata berbasis kuliner, karena Desa Kayen merupakan wilayah strategis karena merupakan jalan nasional. “Ini akan kita jadikan sebuah destinasi wisata di Jombang bagian barat. Karena banyak warga yang melintas di wilayah ini, sebab Desa Kayen ini merupakan jalan nasional penghubung antar Kabupaten maupun Provinsi,” ujarnya.

Selain Kampung Mie Indonesia, Desa Kayen juga akan mengadakan acara tahunan berupa festival kuliner khusus mie goreng. “Festival mie goreng ini akan kami jadikan event tahunan,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam rangkaian acara launching Kampung Mie Indonesia ini disertai juga dengan pembagian santunan kepada 350 anak yatim yang ada di Kabupaten Jombang.(ar)

Keterangan gambar: Festival kuliner mie goreng. (bawah) H Abdul Koliq, penggagas Kampung Mie Indonesia.(foto:adi rosul)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171015_210424-1024x766.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/adakitanews20171015_210424-150x150.jpgREDAKSIKulineradakitanews,Berita,jombang,kampung mie
ADAKITANEWS, Jombang - Banyaknya masyarakat di salah satu desa di Kabupaten Jombang yang berprofesi sebagai pedagang nasi goreng dan mie goreng keliling, mendorong sejumlah pedagang berinovasi membuat sebuah kampung kuliner. Warga Desa Kayen Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang, menciptakan sebuah inovasi unik untuk memperkenalkan potensi yang mereka dimiliki. Yakni kampung kuliner...