@dakitanews Surabaya – Kehadiran program BPJS bagai sebuah harapan indah bagi seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali warga Surabaya. Ini terlihat dari penuhnya kantor BPJS Surabaya yang bertempat di Jalan Dharmahusada. Antrian panjang menjadi pemandangan setiap hari di kantor BPJS Surabaya. Pemerintah melalui kantor BPJS terus berbenah untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga yang antusias untuk mengurus kartu BPJS, walaupun masih ada beberapa kelemahan di dalam sistem.

Walaupun jam operasional kantor BPJS yang dimulai dari jam 8.00 pagi, terlihat antrian sudah mulai menumpuk sejak pagi, seperti dikatakan salah seorang warga Surabaya Ibu Naning karyawan swasta ekspedisi laut di Surabaya.

“ Saya datang lebih awal sekitar jam 7.30, ternyata sudah ada ratusan pengantri yang sudah bersiap-siap mendaftar, padahal loket pelayanan baru dibuka jam 7.30,” jelas Naning.

Beberapa keluhan warga juga dikarenakan proses pembayaran adalah melalui bank rekanan BPJS dan di kantor BPJS Dharmahusada tidak ada konter bank tersebut, sehingga proses pengurusan BPJS yang seharusnya bisa dalam waktu yang singkat, rata-rata ditempuh dalam waktu 2 hari karena proses bolak-balik untuk pembayarannya. Keluhan yang sama juga disampaikan untuk aplikasi BPJS bagi warga yang sedang sakit, peraturan yang berlaku di kantor BPJS Surabaya mengharuskan warga yang mendaftar harus hadir sendiri tidak boleh diwakilkan dan ini juga berlaku bagi warga yang sedang sakit, sehingga di antrian bisa kita lihat beberapa warga yang dalam kondisi kurang sehat juga ikut mengantri.

Di sisi lain, BPJS Surabaya sudah menyediakan banyak loket untuk menampung keinginan warga yang ingin membuat kartu BPJS. Pelarangan Calo, dan pengaturan antrian serta loket-loket pendaftaran juga sudah berjalan dengan sebaiknya. Hanya saja, warga yang ingin mendapatkan kartu BPJS memang sangat banyak.(sam)

RedaksiDaerah
@dakitanews Surabaya – Kehadiran program BPJS bagai sebuah harapan indah bagi seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali warga Surabaya. Ini terlihat dari penuhnya kantor BPJS Surabaya yang bertempat di Jalan Dharmahusada. Antrian panjang menjadi pemandangan setiap hari di kantor BPJS Surabaya. Pemerintah melalui kantor BPJS terus berbenah untuk bisa memberikan...