2015-07-06_22.35.36

ADAKITANEWS, Blitar – Kantor Imigrasi Kelas II A Blitar mendeportasi dua warga Negara Amerika Serikat yaitu Ann Montoya,44, dan David Aaron Montoya,43. Keduanya resmi dipulangkan ke negaranya pada Senin (6/7) pagi. Dikatakan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II A Blitar Tato Juliadin Hidayawan bahwa kedua warga Negara asing yang merupakan pasangan suami istri itu masuk ke Indonesia pada tanggal 17 Juni 2015 melalui Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan visa kunjungan wisata yang berlaku selama 30 hari.

Dijelaskan oleh Tato bahwa kedua WNA itu dalam perkembangannya menyalahgunakan izin tinggalnya di Indonesia. “Amerika Serikat merupakan salah satu negara dari 30 negara yang diberikan visa bebas kunjungan dalam rangka kunjungan wisata sesuai dengan peraturan Presiden Nomor 69 tahun 2015. Dalam aturanya kedua WNA asal Amerika Serikat itu punya waktu tinggal selama 30 hari, namun yang bersangkutan menyalahgunakan izin itu dengan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan.”kata Tato.

Tato mengatakan bahwa pada tanggal 29 Juni 2015 sekitar pukul 8 pagi Muhammad Sungeb selaku Pengawas dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) menerima informasi dari Kasatintelkam Polres Blitar Kota Budi Sesutyono bahwa terdapat pasangan suami istri WNA melakukan kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan.

Dilanjutkan oleh Tato bahwa pada hari yang sama sekitar pukul 10.00 pagi  dua orang petugas Intelkam yakni Brigadir Wibisono dan Brigadir Agus Setyo Wibowo datang ke Kantor Imigrasi Kelas II Blitar mengantar sepasang suami istri WNA asal Amerika Serikat yaitu pasangan Ann Montoya dan David Aaron Montoya. Dijelaskan oleh Tato bahwa setelah dilakukan wawancara mendalam terhadap keduanya diketahui bahwa yang bersangkutan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kelompok keagamaan.

“Setelah dilakukan wawancara mendalam diketahui kedua WNA ini melakukan kegiatan pembagian brosur terkait dengan kegiatan keagamaan yang rencananya akan diselenggarakan di Surabaya pada tanggal 12 Juli 2015 di Covention Center-Sibec ITC Mega Grosir Jl.Gembong Surabaya.”Jelas Tato.

Ditambahkan oleh Tato bahwa dari hasil pemeriksaan mendalam yang dilakukan petugas Wasdakim diketahui bahwa kedua WNA adalah anggota dari organisasi keagamaan bernama Saksi-saksi Yehuwa yang membantu rekan mereka warga Negara Indonesia yang berasal dari Kota Blitar untuk menyebarkan brosur undangan acara organisasi tersebut yang akan diadakan di Surabaya.

“Yang bersangkutan mengakuinya dan telah dituangkan dalam berita acara pemeriksaan, dan pagi ini mereka kami pulangkan ke negaranya.”kata Tato.(Wir/Jati).

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Imigrasi Kelas II A Blitar Tato Juliadin Hidayawan saat menunjukan Indentitas WNA asal Amerika Serikat yang dipulangkan ke negaranya karena menyalahi izin kunjungan.

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/07/2015-07-06_22.35.36.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/07/2015-07-06_22.35.36-150x150.jpgRedaksiDaerahblitar,deportasi,imigrasi
ADAKITANEWS, Blitar - Kantor Imigrasi Kelas II A Blitar mendeportasi dua warga Negara Amerika Serikat yaitu Ann Montoya,44, dan David Aaron Montoya,43. Keduanya resmi dipulangkan ke negaranya pada Senin (6/7) pagi. Dikatakan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II A Blitar Tato Juliadin Hidayawan bahwa kedua warga Negara asing yang...