Kartu BPJS Asli atau Palsu? Bisa Cek via Online

837

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Isu adanya kartu BPJS palsu di wilayah Bandung Jawa Barat juga terdengar hingga Jawa Timur. Meski belum ada laporan bahwa kartu abal-abal tersebut juga beredar di Jawa Timur, masyarakat diimbau untuk waspada dan mengeceknya. Antara lain dengan menghubungi kantor cabang BPJS terdekat atau melalui aplikasi online.

Kepala Kantor Cabang BPJS Sidoarjo, Dwi Hesti Yuniarti mengimbau agar para peserta BPJS tidak sungkan atau ragu mengecek keaslian kartu yang mereka miliki. Salah satunya melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang dapat didownload melalui android di playstore. “Pengecekan dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang bisa didownload lewat playstore,” ujarnya, Rabu (27/07).

Dwi Hesti mengatakan, keaslian kartu BPJS bisa dicek dengan mudah menggunakan aplikasi tersebut. Kartu BPJS Kesehatan yang palsu tidak akan teridentifikasi dalam master file BPJS Kesehatan karena nama peserta dan nomor kartu akan berbeda. “Untuk informasi, jangan melalui calo. Hubungi kantor cabang BPJS terdekat,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dalam kunjungannya ke Sidoarjo, Selasa (26/07) mengatakan, hingga saat ini kasus kartu BPJS Palsu diketahui belum masuk ke Jawa Timur. Akan tetapi, Wagub yang akrab disapa Gus Ipul ini juga mengaku pihaknya terus mengawasi kemungkinan beredarnya kartu palsu tersebut. “Sampai saat ini belum masuk ke Jawa Timur. Belum ada laporan juga,” ujarnya.(kur)

Keterangan gambar: ilustrasi kartu BPJS (google.com)