ADAKITANEWS, Sidoarjo – Tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Sidoarjo menggeledah kantor PD Aneka Usaha, di Jalan Untung Suropati 31, Kamis (20/04). Penggeledahan ini dilakukan untuk mencari bukti-bukti pendukung dalam penyidikan kasus dugaan penyimpangan pengelolaan keuangan Perusahaan Daerah (PD) Aneka Usaha selama tahun 2010 – 2016.

Beberapa petinggi Kantor Kejaksaan Negeri Sidoarjo, diantaranya Kasi Intel, Andri Tri Wibowo dan Kasi Pidsus, Adi Harsanto beserta anggotanya tampak memeriksa satu persatu dokumen milik PD Aneka Usaha. Tim Pidsus juga membawa dokumen tersebut sebagai bahan barang bukti.

Kasi Intel Kejari Sidoarjo, Andri Tri Wibowo menjelaskan, tujuan penggeledahan ini adalah mengumpulkan bukti untuk mendapatkan titik terang terkait kasus tersebut. “Kami mengumpulkan semua dokumen – dokumen terkait pengelolaan keuangan PD Aneka Usaha, dan kita sita. Apa pun bukti yang dibutuhkan akan kami amankan untuk mempermudah penyidikan perkara ini,” jelasnya.

Saat ditanya status pemeriksaan ini, Andri mengatakan setelah mengumpulkan bukti-bukti dokumen, pihaknya juga akan segera memanggil saksi-saksi yang berkaitan. “Secepatnya akan kita panggil saksi,” katanya.

Andri mengatakan, dugaan penyelewengan pengelolaan keuangan PD Aneka Usaha, salah satunya adalah terkait bagi hasil dengan Pemda Sidoarjo. Yakni adanya hak Pemda yang harus diberikan dari laba bersih perusahaan. “Tapi PD Aneka Usaha sendiri modalnya dari APBD. Kita melihatnya dari dua sisi,” ujarnya.

PD Aneka Usaha Sidoarjo merupakan perusahaan pemerintah yang membawahi beberapa unit, diantaranya Delta Property, Delta Grafika, Delta Advertising, dan Delta Gas. “Kami fokus kepada semua unit pengelolaan itu. Namun, saat ini kami fokus pada tiga unit yakni Delta Grafika, Delta Gas dan Properti,” katanya.

Saat ditanya indikasi kerugian, Andri mengaku pihaknya belum bisa memastikan lantaran masih dalam proses penyidikan. “Bagi hasil tersebut sekitar 55 persen per tahunnya dan diatur dalam Perda Kabupaten Sidoarjo nomor 38 Tahun 1998,” pungkasnya.(sid2)

Keterangan gambar : Tim penyidik Pidsus Kejari Sidoarjo saat menggeledah kantor PD Aneka Usaha.(foto : mus purmadani)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/04/200417-sid2-sidoarjo-pdau-3-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/04/200417-sid2-sidoarjo-pdau-3-150x150.jpgREDAKSIHukum Kriminaladakitanews,Berita,kejaksaan negeri sidoarjo,pd aneka usaha,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo - Tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Sidoarjo menggeledah kantor PD Aneka Usaha, di Jalan Untung Suropati 31, Kamis (20/04). Penggeledahan ini dilakukan untuk mencari bukti-bukti pendukung dalam penyidikan kasus dugaan penyimpangan pengelolaan keuangan Perusahaan Daerah (PD) Aneka Usaha selama tahun 2010 - 2016. Beberapa petinggi Kantor...