ADAKITANEWS, Jombang – Momentum 17 Agustus selalu dinanti oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Demi memperingati HUT RI ke-72 ini, pastilah banyak masyarakat yang memunculkan ide-ide kreatif guna memeriahkannya. Mulai dari menghias rumah dengan berbagai ornamen dan menghias jalan desa dengan pernak-pernik kemerdekaan hingga perlombaan yang bertemakan 17 Agustus.

=========

Salah satu desa di Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, yakni Desa Kauman, terlihat suasana yang sangat meriah. Dikarenakan setiap jalan di lingkungan desa tersebut dihiasi oleh gemerlap lampu hias dengan berbagai warna dan bentuk yang unik.

Pantauan Tim Adakitanews.com, di desa tersebut tampak banyak hiasan lampu mulai dari gapura masuk desa yang sengaja dipasang oleh warga untuk memeriahkan HUT RI ke-72.

Dari salah satu jalan desa, bahkan ada lampu hias yang dibentuk menyerupai kubah masjid yang digantung di atas langit. Serta ada juga payung yang sengaja digantung di gang-gang desa lengkap dengan lampu hiasnya sehingga menambah daya tarik dari desa tersebut.

Tak jarang, dari jalan desa tersebut terlihat beberapa warga yang menyempatkan diri menikmati ornamen yang menghiasi Desa Kauman, dengan cara berfoto bareng untuk mengabadikannya.

Seperti yang dilakukan oleh Widya, 16, pemuda asal Kecamatan Sumobito yang datang bersama temannya untuk berfoto di lokasi tersebut. Ia dan kawan-kawannya sengaja mengunjungi kampung tersebut karena tempatnya dirasa bagus, unik dan mulai jadi perbincangan di sosial media.

“Tempatnya keren dan sudah banyak yang foto di sini. Saya tahu dari facebook dan instagram,” jelasnya.

Kepala Desa Kauman, Timo mengatakan bahwa hiasan lampu untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia ini sudah berlangsung sejak 2016 yang lalu. Hal itu bermula dari beberapa warga yang menghiasi rumahnya sendiri, hingga sekarang ide kreatif tersebut menular ke semua warga di desanya.

“Awalnya ya hanya beberapa warga saja yang menghiasi rumahnya sendiri. Sekarang alhamdulillah semua warga turut serta dalam memeriahkan dengan menghiasi desa dengan lampu hias sehingga menjadi daya tarik bagi warga lain di luar Desa Kauman,” tutur Kades Kauman saat ditemui di kediamannya, Kamis (10/08).

Dengan antusias warga yang datang untuk melihat kemeriahan di desanya, Kades Kauman berharap agar hal tersebut tidak selesai pada peringatan kemerdekaan saja, melainkan menjadi ide baru untuk membuat sebuah kampung wisata kedepannya.

Timo juga menyatakan, pihakya akan mengupayakan untuk menambahkan ornamen lain guna menunjang keramaian desanya, yang bertujuan menarik masyarakat luar. “Saya mempunyai harapan agar kemeriahan ini kedepan menjadi sebuah kampung wisata di Jombang khususnya Desa Kauman. Agar bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar jika ini jadi tempat wisata,” katanya.(ar)

Keterangan gambar: Kemeriahan di Desa Kauman untuk memperingati HUT RI ke-72. (bawah) Kades Kauman, Timo.(foto:adi rosul)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/08/130817-ar-jombang-kauman-2-1-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/08/130817-ar-jombang-kauman-2-1-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,hut ri,jombang,wisata
ADAKITANEWS, Jombang - Momentum 17 Agustus selalu dinanti oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Demi memperingati HUT RI ke-72 ini, pastilah banyak masyarakat yang memunculkan ide-ide kreatif guna memeriahkannya. Mulai dari menghias rumah dengan berbagai ornamen dan menghias jalan desa dengan pernak-pernik kemerdekaan hingga perlombaan yang bertemakan 17 Agustus. ========= Salah...