ADAKITANEWS, Kediri – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri mengadakan seminar yang mengambil tema “Menyikapi Maraknya Berita Hoax”, di kampus 2 Universitas Nusantara PGRI Kediri, Senin (20/03).

Beberapa narasumber yang dihadirkan diantaranya, Ketua PWI Jawa Timur, H Akhmad Munir, pihak akademisi, Dr Apriliani, serta Ketua YPLP PT UN PGRI Kediri, Ir Juli Sulaksono MM MKom.

Ketua PWI Jawa Timur, Akhmad Munir mengakui bahwa berita hoax memang akan selalu hidup. “Karena hoax merupakan bagian dari orang yang mempunyai ekspresi yang belum tersalurkan,” katanya.

Informasi dikatakan sebagai berita hoax karena tidak melalui proses verifikasi atau uji informasi. “Masyarakat harus mampu membedakan mana yang benar dan mana yang akurat dalam artian harus mampu memilah dari media satu dengan yang lain. Dan jangan sampai wartawan menyebar berita hoax karena itu dosa besar, maka sebelum menyebar informasi harus menguji kembali beritanya, jadilah wartawan yang profesional yang sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik,” cakap Ketua PWI Jatim.

Sementara itu Dr Apriliani mengatakan, cara memeriksa berita hoax harusnya bisa dilakukan melalui domain, atau website. Masyarakat harus diliterasi cara menggunakan media sosial, cara mengindentifikasi, dan cara melaporkan bagaimana terjadi berita hoax. “Itu yang paling utama harus diketahui oleh khalayak umum,” ujarnya singkat.

Narasumber lain, Ketua YPLP-PT UN PGRI Kediri menambahkan, kecepatan informasi saat ini memang sangat ekstrem, karena terlalu banyak pengguna internet di Indonesia. Juli Sulaksono mengatakan, untuk berita hoax sebenarnya ada hal-hal yang bisa menepis dan melawannya. “Seperti halnya dengan berita terkait prestasi-prestasi, yang tidak pernah ter-ekspos di media massa. Padahal itu untuk menepis berita- berita hoax,” tuturnya.(kdr4)

Keterangan gambar : Seminar dalam rangka Hari Pers Nasional 2017 oleh PWI Kediri.(foto:fasihhuddin kholili)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/20170320_175200-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/20170320_175200-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,hari pers nasional,hoax,kediri,PWI,PWI Kediri
ADAKITANEWS, Kediri - Masih dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri mengadakan seminar yang mengambil tema 'Menyikapi Maraknya Berita Hoax', di kampus 2 Universitas Nusantara PGRI Kediri, Senin (20/03). Beberapa narasumber yang dihadirkan diantaranya, Ketua PWI Jawa Timur, H Akhmad Munir, pihak akademisi, Dr...