Kirab Tumpeng Dan Gunungan Hasil Bumi Diarak Wujud Syukur Keberkahan

172

Kediri(adakitanews.com)—Ratusan warga Desa Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri menggelar acara kirab tumpeng dan gunungan hasil bumi, Kamis malam, (19/9/2019).

Acara ini dilakukan sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas hasil bumi yang melimpah.

Wujud rasa syukur keberkahan atas rejeki itu warga dari petani membuat gunungan yang diisi sayuran. Sedangkan dari pedagang membuat gunungan hasil dari barang dagangannya.

“Warga membuat gunungan tersebut dengan gotong royong, ” tutur Kepala Desa Keling Rofi’ Lukman.

Acara arak-arakan tumpeng dan gunungan hasil bumi dimulai dari Dusun Keling Timur melintas di Dusun Ringinagung kemudian terakhir di Dusun Keling Barat, tepatnya makam sesepuh desa Mbah Abdul Wahab.

Mbah Abdul Wahab dipercayai warga sekitar sebagai sesepuh desa yang pertama kali membabat desa Keling. Tak hanya itu Mbah Abdul Wahab juga pertama kali yang menyebarkan agama Islam di Desa Keling.

“Kita menggelar doa bersama di makam Mbah Abdul Wahab selaku sesepuh yang pertama kali membabat desa Keling, ” ungkap Kades Keling.

Usai menggelar acara doa bersama ratusan warga langsung berebut bersama gunungan tumpeng hasil bumi. Warga juga tampak terlihat antusias dan senang.(art).