klepon_tokSELASA, 2 SEPTEMBER 2014 15:53:32 – OLEH : TIYA

ADAKITANEWS Kediri – Klepon mungkin sudah tak asing lagi di telinga orang Indonesia. Di beberapa daerah, klepon juga disebut dengan onde-onde. Klepon merupakan makanan yang tergolong jajanan pasar dan banyak disukai orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebenarnya klepon memiliki banyak variasi bahan maupun isi yang digunakan, tapi yang paling populer adalah terbuat dari tepung ketan isi gula merah. Ingin tahu lebih jelas resepnya. Yuk simak!!
Bahan Cara Membuat Klepon Tepung Beras Isi Gula Merah :
1. Tepung beras ketan sebanyak 250 gram.
2. Air daun pandan atau suji sebanyak 1 sendok makan.
3. Kapur sirih sebanyak 1 sendok teh.
4. Garam sebanyak ½ sendok teh.
5. Air bersih sebanyak 150 mililiter.
6. Gula merah yang diserut halus sebanyak 150 gram (sebagai bahan isian klepon).
7. Kelapa muda parut sebanyak 150 gram (sebagai bahan untuk menyelimuti kue klepon).
Cara Membuat Klepon Tepung Beras Ketan Isi Gula Merah :
1. Masukkan tepung ketan bersama dengan air daun pandan atau suji dan garam di dalam sebuah wadah. Aduk hingga merata. Kemudian tambahkan ke dalamnya air kapur sirih. Aduk lagi hingga benar-benar tercampur sempurna.
2. Selanjutnya, adonan pada langkah pertama dituangi air matang sedikit demi sedkit hingga adonan lunak dan mudah dibentuk. Setelah kalis, diamkan kurang lebih 15 menit.
3. Kemudian, ambil satu sendok teh adonan tadi dan bentuk bulat pipih. Ambil serutan gula merah dan masukkan pada bagian tengah adonan klepon. Selanjutnya bungkus dan bentuk hingga membulat sempurna.
4. Panaskan air hingga mendidih dan rebus bulatan adonan klepon tadi hingga ia mengapung. Selanjutnya angkat dan tiriskan.
5. Langkah terakhir adalah memasukkan klepon yang telah direbus ke dalam wadah tempat kelapa parut berada. Guling-gulingkan hingga semua permukaan klepon tertutupi kelapa.
6. Klepon nikmat nan praktis siap kalian sajikan untuk keluarga tercinta.
Keterangan Gambar : Klepon

redaksiKuliner
SELASA, 2 SEPTEMBER 2014 15:53:32 - OLEH : TIYA ADAKITANEWS Kediri – Klepon mungkin sudah tak asing lagi di telinga orang Indonesia. Di beberapa daerah, klepon juga disebut dengan onde-onde. Klepon merupakan makanan yang tergolong jajanan pasar dan banyak disukai orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebenarnya klepon memiliki...