Untitled@dakitanews Kediri – Fraksi DPRD Kabupaten Kediri yang tergabung di dalam Koalisi Merah Putih (KMP) menyatakan, Kabupaten Kediri masih menjalankan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung, meski peraturan Pengganti Undang-Undang (Perpu) masih dibahas ditingkat DPR-RI hingga kini.

Hal ini dilontarkan oleh fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di dalam rapat audiensi bersama PMII, Jum’at (10/10), di gedung DPRD Kabupaten Kediri. PAN menilai, polemik terkait penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Kediri dengan munculnya UU Pilkada, masih memberikan ruang untuk penyelenggaraan event politik daerah tersebut dengan menggunakan pola lama, yakni pilihan langsung.

Wawancara tim @dakitanews.com dengan Iskak Maulana, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri dari Fraksi PAN menyatakan, proses pembahasan UU Pilkada masih berlangsung. Selama proses ini berlangsung, pelaksanaan Pilkada mengacu pada Perpu. Atas dasar itu, dia menyatakan kalau Kabupaten Kediri masih memungkinkan menyelenggarakan pemilihan Kepala Daerah secara langsung. Terlebih, masa jabatan Bupati Kediri akan habis pada bulan Mei 2015 mendatang.

“Kabupaten Kediri masih memungkinkan menjalani pemilihan langsung kok. Toh, UU Pilkada masih belum terumuskan terkait pelaksanaan teknisnya nanti. Walaupun sudah disepakati UU nya. Tetapi kalau belum terumuskan, masih mengacu pada peraturan lama terkait pelaksanaan pemilihan.” terang Iskak.

Selain itu, Sapta Andaruiswara, Ketua KPU Kabupaten Kediri menyatakan hal yang sama. Karena selama UU baru belum terumuskan, maka yang menjadi acuan adalah peraturan pengganti undang-undang (Perpu). Sebab menurut Sapta, selama ini mekanisme dan tahapan pemilihan dengan cara yang baru belum terumuskan. Sehingga, pelaksanaan pemilihan masih menggunkan aturan lama.

“Jadi proses dari UU Pilkada yang baru ini masih berlangsung. Jika belum terumuskan nantinya, masih memungkinkan bahwa Kabupaten Kediri melakukan pemilihan secara langsung. Namun itupun juga kalau tidak berbenturan dengan rencana pemilihan serentak 2015 mendatang.” jelas Sapta. (Ega)

Keterangan Gambar : Wakil Ketua DPRD Kab Kediri dari fraksi PAN

RedaksiPolitikpilkada kabupaten kediri
@dakitanews Kediri - Fraksi DPRD Kabupaten Kediri yang tergabung di dalam Koalisi Merah Putih (KMP) menyatakan, Kabupaten Kediri masih menjalankan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung, meski peraturan Pengganti Undang-Undang (Perpu) masih dibahas ditingkat DPR-RI hingga kini. Hal ini dilontarkan oleh fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di dalam rapat audiensi...