ADAKITANEWSIMG_20150411_225140IMG_20150411_225205, Kota Kediri – Koleksi buku di Perpustakaan Umum Kota Kediri terus berkurang. Pasalnya, para pengunjung seringkali tidak mengembalikan buku pinjamannya.

Kasi Perpustakaan Kota Kediri, Dyah Nurwahyuni mengeluhkan banyak para peminjam buku yang tidak mengembalikan bukunya. Akibatnya, sejak awal tahun 2015 koleksi buku perpustakaan tersebut berkurang hingga 7% jumlah buku yang semestinya.

“Kami memeliki koleksi buku sebanyak 3.600. sekarang sudah berkurang 5-7% dari jumlah tersebut, karena banyak peminjam buku yang tidak mengembalikannya” tuturnya.

Sebenarnya, menurut Diah sistem meminjam buku sudah diperketat dengan cara menitipkan KTP peminjam. Namun, solusi tersebut masih kurang efektif. “Padahal kami sudah memperketat dengan menitipkan KTP peminjam kepada kami” jelasnya.

Bukan sekedar KTP, pihak perpustakaan juga sudah meminta nomor telepon peminjam yang dapat dihubungi. “Seringkali nomer yang mereka serahkan kepada kami, nomer telpon yang sudah tidak aktif,” keluhnya.

Persolaan di perpustakaan daerah milik Pemkot Kediri bukan hanya peminjam buku, namun masih banyak para pengunjung setelah membaca buku tidak mengembalikan buku tersebut di tempat yang semestinya. sehingga, para pembaca yang lain kesulitan untuk mencari buku tersebut.  ” Untuk memanjakan pengunjung, kami selalu memeriksa dan mengembalikan buku tersebut sesuai kodenya” Jelasnya.

Kondisi Perpustakaan Kota Kediri belum memiliki teknologi canggih layaknya perpustakaan mewah. Perihal itu, Diah mengatakan sudah mengajukan ke Pemerintah Kota Kediri agar mewujudkan sistem katalog komputer.

“Kami sudah mengajukan ke Pemkot, Insyaallah tahun ini sudah bisa diwujudkan” Jelasnya. (Blot/zay)

Keterangan Gambar : Perpustakaan Kota Kediri yang jumlah koleksinya terus berkurang hingga 7% 

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/04/IMG_20150411_225140.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/04/IMG_20150411_225140-150x150.jpgREDAKSIPendidikankediri,perpustakaan
ADAKITANEWS, Kota Kediri - Koleksi buku di Perpustakaan Umum Kota Kediri terus berkurang. Pasalnya, para pengunjung seringkali tidak mengembalikan buku pinjamannya. Kasi Perpustakaan Kota Kediri, Dyah Nurwahyuni mengeluhkan banyak para peminjam buku yang tidak mengembalikan bukunya. Akibatnya, sejak awal tahun 2015 koleksi buku perpustakaan tersebut berkurang hingga 7% jumlah buku...