ADAKITANEWS, Jombang – Di tengah moderenisasi ini, arus gelombang perubahan pada dunia teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari dan dibendung. Hal tersebut dimanfaatkan secara maksimal oleh salah satu sekolah di Kabupaten Jombang.

=========

Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Tambakberas Kabupaten Jombang, terlihat puluhan siswa dari berbagai daerah maupun mancanegara mengikuti Workshop Robotic International dan Robotic Competition tingkat MI/SD – MTs/SMP, Sabtu (03/03).

Pada acara tersebut, dari 43 peserta yang mengikuti, diharuskan merakit robot yang sudah disediakan oleh panitia. Robot yang dimaksud, merupakan jenis robot soccer yang menggunakan tenaga listrik dari dinamo dan baterai.

Hal tersebut disampaikan Joe Fanka, siswa kelas 5 dari MIN Kauman Jombang, yang merupakan salah satu peserta lomba robotic tersebut. “Ini merakit robot soccer,” ujar Joe Fanka saat ditanya oleh Tim Adakitanews.com.

Selain itu, Kholifa Dini Azuwi, salah satu peserta yang berasal dari Kabupaten Gersik mengatakan bahwa robot yang dirakitnya tersebut memiliki keistimewaan khusus. “Ini bisa di daratan dan di air,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Sekolah MTsN 3 Tambakberas Jombang, H Moch Syuaib SAg Mpdi mengatakan bahwa acara yang diselenggarakannya tersebut dalam rangka meningkatkan mutu dari siswa Madrasah. “Selain mampu di bidang agama, siswa madrasah juga mampu di bidang sains,” papar H Moch Syuaib SAg Mpdi saat diwawancarai.

Kepala Sekolah MTsN 3 Tambakberas Jombang juga mengungkapkan bahwa peserta yang mengikuti kompetisi robotic tersebut, tidak hanya dari lokal Kabupaten Jombang melainkan juga dari luar kabupaten dan luar negeri seperti dari Malaysia. “Saya berharap lulusan santri Bahrul’Ulum, Khususnya MTsN Tambakberas ini bisa berdakwah di tingkat internasional, bisa mampu berkompetisi di tingkat internasional. Baik dari bidang robotic maupun matematik,” tandasnya.

Sebelumnya diketahui, MTsN 3 Tambakberas Jombang beberapa muridnya telah berhasil menorehkan tinta emas di kancah internasional dengan memenangi kompetisi robotik di dua negara yang berbeda, yakni di Singapura dan Thailand pada 23-29 Januari 2018. Beberapa siswa MTsN 3 Tambakberas Jombang tersebut yakni Yusron Roziqin, 15, dan Muhammad Reza Hisbulloh, 13, yang mendapatkan juara 1 dan satu pada ajang International Robot Competition Thailand (IRTC) dan Singapura Robotic Games (SRG).(ar)

Keterangan gambar: Salah satu peserta terlihat merakit robot pada Workshop Robotic International dan Robotic Competition tingkat MI/SD – MTs/SMP di MTsN 3 Tambakberas Jombang. (bawah) Kepala Sekolah MTsN 3 Tambakberas Jombang, H Moch Syuaib SAg Mpdi.(foto:adi rosul)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/030318-ar-jombang-robotik-2-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/030318-ar-jombang-robotik-2-150x150.jpgREDAKSIPendidikanadakitanews,Berita,jombang,MTsN Tambakberas,Robotic
ADAKITANEWS, Jombang - Di tengah moderenisasi ini, arus gelombang perubahan pada dunia teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari dan dibendung. Hal tersebut dimanfaatkan secara maksimal oleh salah satu sekolah di Kabupaten Jombang. ========= Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Tambakberas Kabupaten Jombang, terlihat puluhan siswa dari berbagai daerah maupun...