ADAKITANEWS, Tulungagung – Meski dalam Peraturan KPU Nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye, branding mobil untuk kampanye termasuk yang dilarang, namun di Tulungagung hal itu diberikan toleransi dan masih diperbolehkan. Hanya saja ada pembatasan jumlah mobil yang dibranding, yaitu 10 unit untuk masing-masing pasangan calon.

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Tulungagung, Endro Sunarko menyatakan bahwa branding mobil dalam kampanye untuk Calon Bupati – Calon Wakil Bupati Tulungagung masih diperbolehkan. Hal ini didasarkan karena sejak awal dalam tahapan Pilkada sudah ada kesepakatan antara tim kampanye.

“Branding mobil yang bergambar pasangan calon memang sudah ada sejak tahapan Pilkada, karena itu kami semua bersepakat untuk membolehkan. Namun jumlahnya dibatasi,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Tulungagung, Endro Sunarko, Kamis (05/04).

Lanjutnya, dalam kesepakatan yang lalu pihaknya melakukan pendataan jumlah mobil yang telah dibranding untuk setiap calon, karena sudah ada yang terlanjur melakukan branding sebanyak 10 unit, akhirnya disepakati maksimal kendaraan yang dibranding sebanyak 10 unit saja.

“Untuk masing-masing kendaraan yang dibranding harus menyerahkan data kendaraan dan dilaporkan kepada KPU dan Panwaslu, misalkan nomor polisi, jenis mobil dan sebagainya,” ujar Endro.

Branding mobil ini, tambah Endro, hanya berlaku untuk Pilkada Tulungagung saja,namun untuk paslon Cagub dan Cawagub Jawa Timur tetap tidak diperbolehkan melakukan branding di mobil.

Sekadar diketahui, dalam PKPU Nomor 4 tahun 2017 sudah mengatur tentang kampanye, diantaranya tentang bahan kampanye seperti kaus/pakaian, topi, kalender, pin dan sebagainya, termasuk stiker.

Untuk stiker, ukurannya telah ditentukan yakni 10 X 5 cm, padahal untuk melakukan branding di mobil, ukurannya melebihi ketentuan tersebut.(bac)

Keterangan gambar : Endro Sunarko, Ketua Panwaslu Kabupaten Tulungagung.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/050418-bac-tulungagung-branding-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/04/050418-bac-tulungagung-branding-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,branding kampanye,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Meski dalam Peraturan KPU Nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye, branding mobil untuk kampanye termasuk yang dilarang, namun di Tulungagung hal itu diberikan toleransi dan masih diperbolehkan. Hanya saja ada pembatasan jumlah mobil yang dibranding, yaitu 10 unit untuk masing-masing pasangan calon. Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum...