KPU Desak Dispendukcapil Tulungagung Lakukan Perekaman E-KTP Bagi Warga Yang Tidak Memiliki Identitas

495

ADAKITANEWS, Tulungagung – Sepekan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar penduduk potensial pemilih dalam Pilkada serentak, KPU Tulungagung lewat Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) telah mendaftar sekitar 95 ribu kepala keluarga.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno mengatakan, dalam pelaksanaan di lapangan petugas mendapati sejumlah temuan calon pemilih. “Diantara temuan yang ada di lapangan itu antara lain pemilih menjadi TKI di luar negeri, pemilih telah meninggal dunia, dan pemilih yang tidak memiliki identitas diri,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, Sabtu (27/01).

Terkait pemilih yang tidak memiliki identitas ini, Suprihno mendesak kepada Dispendukcapil setempat untuk segera melakukan perekaman KTP elektronik. Hal ini dimaksudkan agar warga yang telah memenuhi persyaratan tetap dapat menggunakan hak politiknya, yaitu memilih dalam pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung pada 27 Juni 2018 mendatang.

Suprihno mengatakan, kegiatan Coklit ini berlangsung sampai 18 Februari 2018 mendatang. Sedangkan yang menjadi sasaran Coklit adalah sebanyak 884.796 warga yang terdaftar dalam daftar pemilih.

Jumlah tersebut didapatkan dari hasil sinkronisasi antara data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir 2014. Jumlah ini bertambah sebanyak 34.743 dari daftar pemilih tetap pada Pilpres 2014 lalu.(bac)

Keterangan gambar : KPU Tulungagung saat mengadakan evaluasi pelaksanaan Coklit dan Bimtek bagi PPK.(foto : acta cahyono)