KPU Kab Kediri Butuh 130 PPK Dan PPS 1029

23

Kediri(adakitanews.com)—Tahapan pemilihan Bupati Kediri dan Wakil Bupati Kediri 2020 terus berlangsung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri membutuhkan ratusan penyelenggara di lapangan.

KPU Kab Kediri membuka rekrutmen calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 130 anggota dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 1029 anggota.

Untuk rekrutmen PPK dan PPS dilakukan sesuai tahapan Pilkada serentak tahun 2020 mengacu pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 16 tahun 2019 perubahan atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggara Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Divisi SDM dan Parmas, Nanang Qosim mengatakan, untuk di Kabupaten Kediri memiliki 26 Kecamatan dan 343 Desa. Untuk itu disetiap Kecamatan akan dibutuhkan 3 PPK dan 5 PPS di setiap Desa.

“Sesuai tahapan, untuk saat ini kami membuka rekrutmen calon anggota PPK. Untuk pengumuman dibuka mulai pada tanggal 15 hingga 17 Januari 2020i, ” ungkap Nanang, Rabu (15/1/2020).

Setelah melakukan pengumuman, lanjut Nanang, akan dilakukan pendaftaran selama 7 hari. Pembukaan itu dimulai pada tanggal 18 sampai 24 Januari 2020. Setelah itu dilanjutkan penelitian administrasi selama 3 hari.

“Pengumuman hasil administrasi nanti kami sampaikan selama 2 hari,” terangnya.

Setelah melaksanakan perekrutan anggota PPK, kemudian dilanjutkan dengan rekrutmen anggota PPS tingkat Desa atau Kelurahan. Hal itu dilakukan sesuai mekanisme yang berlaku.

Dalam perekrutan, pihaknya memastikan telah melalui mekanisme aturan yang ada. Di antaranya memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang nantinya akan diumumkan, serta dapat ditanyakan langsung ke KPU terkait perlengkapan persyaratan.

“Sesuai tahapan dan mekanisme yang ada setelah melakukan perekrutan anggota PPK kami membuka rekrutmen anggota PPS,” jelas Nanang.(gar).