KPU Kab Kediri Sosialisasi Tata Cara Calon Pencalonan Perseorangan Bupati Dan Wakil Bupati 2020

22

Kediri(adakitanews.com)—Dalam rangka mempersiapkan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri yang berkualitas dan berintegritas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menyelenggarakan Sosialisasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020 di hotel Bukit Daun Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, Selasa (31/12/2019).

Acara tersebut KPU Kab Kediri mengundang Bawaslu Kab Kediri, Parpol, tokoh agama, masyarakat, Ormas, dan LSM serta calon perseorangan.

Komisioner KPU Kab Kediri Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Eka Wisnu Wardhana mengatakan untuk kegiatan sosialisasi tata cara pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Kediri melalui jalur perseorangan.

Selain itu juga mengenai syarat jumlah dukungan, sebaran dukungan, dan konsultasi terkait aplikasi pencalonan yaitu sistem informasi pencalonan (silon). Tak hanya itu, KPU juga memberikan peraturan mulai Undang-Undang (UU) Pemilu, Peraturan KPU (PKPU), maupun surat edaran (SE).

“Jadi untuk calon perseorangan harus juga mendaftar di aplikasi SILON nantinya kami juga akan memberikan ussername bagi calon perseorangan. Untuk aplikasi SILON ini nanti calon perseorangan harus menugaskan operator untuk mengoperasikan,” ucap Wisnu.

Lebih lanjut dijelaskan Wisnu, KPU Kab Kediri juga memberikan form mengenai peraturan dan persyaratan baik softcopy maupun hardcopy. Untuk jumlah dukungan calon perseorangan yang dibutuhkan sebanyak 79.915 orang, dengan dilampiri fotocopy E-KTP.

“Dukungan E-KTP bentuk fotocopy sebanyak 79.915 ini harus menyebar minimal di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri,”jelas Wisnu.

Untuk diketahui, KPU Kab Kediri, sudah ada dua calon perseorangan yang sudah melakukan konsultasi. Kedua orang itu Rahmat Mahmudi dan Subani.(gar).