unduhan@dakitanews Kediri – Pemilihan Bupati Kediri 2015 mendatang diperkirakan akan dilakukan dengan pencoblosan langsung oleh rakyat. KPU beracuan pada peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu) yang dikeluarkan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yakni pemilu dilakukan secara serempak pada tahun 2015 dan 2018.

Menurut KPU Kabupaten Kediri selama perpu masih dipakai, maka pemilihan bupati dapat dilakukan dengan pencoblosan langsung. Selain itu, pemilu akan dilakukan serempak yakni tahun 2015 dan 2018. Untuk tahun 2015 pemilu akan menggunakan dana APBD, sementara tahun 2018 akan menggunakan dana APBN.

Sapta Andaru Iswara Ketua KPU Kabupaten Kediri mengatakan pihak selalu siap untuk melakukan tahapan pemilu mulai dari rekrutmen PPK hingga PPS serta perangkat lainnya. Menurutnya, selama perpu masih dipakai, maka pemilihan bupati bisa dilakukan dengan pencoblosan langsung oleh rakyat.

“Kami siap kapan saja melakukan tahapan pemilu. Selama perpu masih dipakai, pemilihan bupati bisa dilakukan dengan pemilihan langsung. Mungkin hanya mekanisme penjadwalannya saja yang menunggu dari KPU pusat. Perkiraan pemilu akan dilakukan september 2015 mendatang, mundur sekitar 4 bulanan dari yang dijadwalkan sebelumnya yakni bulan Mei,” jelas Sapta.

Sedangkan Iskak Maulana Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan pemilihan langsung maupun lewat parlemen. ”Tidak masalah pemilu langsung ataupun tidak. Yang penting dilaksanakan secara transparan,”ujar Iskak.(tya)

Keterangan Gambar : Logo KPUD

RedaksiPolitikpemilukada kabupaten kediri
@dakitanews Kediri – Pemilihan Bupati Kediri 2015 mendatang diperkirakan akan dilakukan dengan pencoblosan langsung oleh rakyat. KPU beracuan pada peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu) yang dikeluarkan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yakni pemilu dilakukan secara serempak pada tahun 2015 dan 2018. Menurut KPU Kabupaten Kediri selama perpu masih dipakai, maka pemilihan...