ADAKITANEWS, Sidoarjo- Dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo menggelar bazar UMKM yang dilaksanakan mulai Sabtu (26/08) sampai Minggu (27/08) di kantor dinas setempat, Jalan Moginsidi Sidoarjo.

Sekitar 20 stan disediakan untuk pelaku UMKM Sidoarjo. Mulai dari kerajinan tas, sepatu, baju bordir sampai makanan ringan. Selain bazar UMKM, juga digelar talk show antara perusahaan pembiayaan serta perbankan, dengan para pelaku UMKM Sidoarjo.

Dalam peringatan hari UMKM Nasional tahun ini Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Sidoarjo. Ia mengatakan, para pelaku UMKM adalah salah satu penggerak ekonomi bangsa, yang terbukti mampu menopang pembangunan ekonomi di Indonesia melalui kontribusinya ditopangnya.

Oleh karena itu Bupati menegaskan, berbagai upaya menumbuh kembangkan dan mempertahankan UMKM akan selalu dilakukan. Salah satunya melalui pembinaan kepada para pelaku UMKM agar dapat memberikan peluang menghadapi persaingan di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Pria yang akrab disapa Abah Ipul ini mengatakan, UMKM dituntut melakukan berbagai inovasi dan kreasi dalam produknya. “Pelaku UMKM diharapkan dapat melihat kebutuhan pasar dan permintaan konsumen. Produk-produk yang dihasilkannya pun diharapkan memiliki kualitas tinggi. Dengan demikian akan mampu bersaing dengan produk luar negeri. Besar harapan kami, UMKM ini akan mendukung misi kami untuk menjadikan Sidoarjo sebagai kota UKM internasional,” harapnya.

Abah Ipul juga mengatakan, sudah saatnya semua pihak lebih peduli pada pemberdayaan ekonomi lokal, agar dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengatakan, kepedulian pihak swasta dapat ditunjukkan melalui program CSR (Corporate Social Responsibilty), yang diwujudkan oleh pihak perusahaan-perusahaan dengan memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM. “Pembinaan melalui program CSR menjadi salah satu pilihan strategis untuk meningkatkan daya saing UMKM. Dan hal ini sudah banyak dilakukan oleh negara-negara berkembang seperti di Indonesia,”ujarnya.

Ia berharap, pada peringatan hari UMKM Nasional tahun ini, UMKM Kabupaten Sidoarjo dapat terus memberikan kontribusinya terhadap pembangunan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo. Tak hanya itu, pengembangan produk juga diminta untuk terus dilakukan, sehingga akan menarik investor untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Sidoarjo.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo, M Tjarda mengatakan, ada 206 ribu jumlah UMKM di Sidoarjo. Dengan jumlah tersebut menandakan bahwa 9 persen warga Sidoarjo adalah pengusaha.

Ia mengatakan, negara maju adalah negara yang 4 persen penduduknya adalah pengusaha. Oleh karena itu, Kabupaten Sidoarjo dapat dikatakan sebagai kabupaten yang perekonomiannya maju dengan melihat perbandingan jumlah penduduk yang mencapai 2,3 juta jiwa dengan jumlah pelaku UMKM nya.

Tjarda menjelaskan, perhatian Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kepada para pelaku UMKM sangat tinggi. Salah satunya dengan didirikannya klinik UMKM, yang digunakan sebagai bentuk pendampingan kepada para pelaku UMKM agar dapat berkembang.

Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo juga selalu memberikan dana bergulir bagi para pelaku UMKM, dengan bunga yang cukup rendah agar dapat digunakan untuk penguatan permodalan usahanya.(pur)

Keterangan gambar : Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah saat meninjau bazar UMKM.(ist)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/08/260817-pur-sidoarjo-bazar-1024x683.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/08/260817-pur-sidoarjo-bazar-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,bazar,Berita,sidoarjo,umkm
ADAKITANEWS, Sidoarjo- Dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo menggelar bazar UMKM yang dilaksanakan mulai Sabtu (26/08) sampai Minggu (27/08) di kantor dinas setempat, Jalan Moginsidi Sidoarjo. Sekitar 20 stan disediakan untuk pelaku UMKM Sidoarjo. Mulai dari kerajinan tas, sepatu, baju bordir sampai makanan...