Logo_BPJS_Kesehatan@dakita Kediri – Antusiasme masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta jaminan kesehatan di Kantor Cabang Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kediri cukup tinggi. Lebih dari 200 hingga 300 orang mendaftar setiap harinya.

BPJS Kediri meliputi 7 daerah yakni Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Blitar,Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, dan Nganjuk. Dan dari sekitar 6 juta warga yang berada di 7 daerah tersebut, 2,6 diantaranya sudah mengikuti program jaminan kesehatan.

Warga yang mengikuti BPJS pun berhak membayar premi sesuai kemampuan mereka, mulai dari kelas tiga hingga kelas satu, dan dengan nilai yang berbeda pula. Untuk mendaftarnya pun juga tidak sulit, yakni membawa KTP, KK, Akta Nikah, dan Foto Sendiri.

Dasrial Kepala Kantor Cabang Utama BPJS Kediri, mengatakan pendaftaran menjadi peserta BPJS tidak begitu sulit yakni hanya datang ke kantor BPJS utama maupun cabang dan membawa persyaratan.

“Saat ini sudah ada sekitar 40 persen peserta yang mendaftar dari 7 wilayah. Sementara untuk preminya sendiri, tidak mahal dan jauh lebih murah dibanding premi asuransi komersial. Dengan jaminan kesehatan ini pasien juga dapat berobat sesuai kebutuhan medis, dan bisa dirujuk ke seluruh Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS, tanpa mengenal wilayah” Dasrial.

Dasrial juga menambahkan, setiap bulan,pihaknya selalu membayar dan diupayakan tidak sampai terjadi penundaan.

“Untuk besarnya klaim setiap rumah sakit tidak sama, tergantung jumlah pasien serta sakit yang diderita mereka. Seperti halnya rumah sakit seperti di RSUD Gambiran, Kediri,kami setiap bulan membayar tak kurang dari Rp3-5 miliar. Diharapkan, di akhir tahun, jumlah rumah sakit, terutama swasta yang mengikuti program ini bisa bertambah,” imbuh Dasrial.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada 30 dari 52 rumah sakit yang mengikuti program BPJS, sementara sisanya masih belum. (tya)

Keterangan Gambar : Logo BPJS

RedaksiKesehatan
@dakita Kediri – Antusiasme masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta jaminan kesehatan di Kantor Cabang Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kediri cukup tinggi. Lebih dari 200 hingga 300 orang mendaftar setiap harinya. BPJS Kediri meliputi 7 daerah yakni Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Blitar,Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, dan Nganjuk. Dan dari sekitar...