ADAKITANEWS, Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung kembali mengingatkan kepada pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati agar penggunaan dana kampanye tidak melebihi plafon yang telah ditentukan oleh KPU Tulungagung.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno menyampaikan bahwa KPU Tulungagung telah menetapkan batas maksimal dana yang digunakan oleh masing-masing paslon yakni sebesar Rp 28,5 miliar. Karena itu, diharapkan agar Paslon berhati-hati, karena pelanggaran terhadap batas maksimal dana kampanye dapat berujung pada sanksi pembatalan Paslon.

“Maksimal penggunaan dana kampanye sudah ditetapkan oleh KPU Tulungagung. Jika penggunaan dana kampanye Paslon melebihi aturan, maka bisa dikenakan sanksi berupa pembatalan calon. Selain itu, kelebihannya akan disita dan masuk dalam kas negara,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, Selasa (20/02).

Tentang batas maksimal ini, Suprihno menuturkan, sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2017 tentang sanksi penggunaan dana kampanye, yang tertuang pada pasal 53 yang berbunyi setiap paslon yang melanggar ketentuan pembatasan pengeluaran dana kampanye sebagaimana dimaksud dalam pasal 12 ayat 4, dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai paslon.

Suprihno menjelaskan untuk dana awal kampanye dari paslon Margiono – Eko Prisdianto adalah sebesar Rp 12,3 juta, dengan perincian Rp 11 juta dari pasangan calon, sedangkan Rp 1,3 juta berasal dari sumbangan perseorangan. Sedangkan dana awal kampanye dari paslon Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo sebesar Rp 1 juta, yang bersumber dari pasangan calon.

“Dana kampanye tersebut digunakan untuk sejumlah kegiatan meliputi rapat umum, pembuatan bahan kampanye, pembuatan alat peraga kampanye (APK), jasa konsultan, dan kegiatan kampanye lainnya,” pungkas Suprihno.(bac)

Keterangan gambar : Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung bersama tim kampanye saat pengundian nomor.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/02/200218-bac-tulungagung-dana-kampanye.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/02/200218-bac-tulungagung-dana-kampanye-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,dana kampanye,pilkada,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung kembali mengingatkan kepada pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati agar penggunaan dana kampanye tidak melebihi plafon yang telah ditentukan oleh KPU Tulungagung. Ketua KPU Tulungagung, Suprihno menyampaikan bahwa KPU Tulungagung telah menetapkan batas maksimal dana yang digunakan oleh masing-masing paslon...