ADAKITANEWS, Sidoarjo – Menteri Sumber Daya Energi dan Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengecek pemanfaatan Jaringan Gas (Jargas) yang ada di Desa Putat Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo, Minggu (13/08).

Setibanya di lokasi, Menteri ESDM yang menggunakan mobil dinas bernopol RI 34 itu langsung mengecek pemanfaatan Jargas yang ada di rumah Masrukah. Di rumah pemilik warung ini, Menteri langsung menuju dapur Masrukah untuk mengetahui langsung pemanfaatan Jargas itu.

“Saya sudah pakai sejak September 2015 lalu untuk rumah tangga dan kebutuhan warung habis Rp 65.000 per bulan. Kalau pakai elpiji bisa menghabiskan Rp 85.000-Rp 90.000 per bulan. Kalau pakai elpiji, kalau malam habis bingung. Kalau pakai Jargas 24 bisa dimanfaatkan tidak khawatir habis,” jelasnya.

Setelah menyaksikan dapur dan meteran Jargas, Menteri ESDM menuju Ponpes Manbaul Hikam yang tak jauh dari rumah warga itu. Di ponpes yang menampung sekitar 1.000 santri itu, Menteri dan rombongan juga langsung menuju dapur, kemudian berdialog dengan para santri ponpes itu.

“Saya mengecek Jargas yang sudah terpasang itu bisa dimanfaatkan apa tidak. Hasilnya semua bisa dimanfaatkan warga dan Ponpes ini,” ujarnya.

Lebih jauh Mantan Direktur PT KAI ini menjelaskan, menggunakan Jargas memang lebih mudah dan tidak merepotkan karena bisa dimanfaatkan sepanjang waktu dan hari. Oleh karenanya, pihaknya meminta Bupati Sidoarjo mengajukan penambahan jaringan lagi.

“Silakan Bupati mengajukan lagi penambahan jaringan. Yang penting masyarakat bersedia dan sumbernya juga ada. Minimal diutamakan Ponpes, Yayasan, asrama dan sekolah-sekolah yang membutuhkan,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah berjanji bakal menambah jaringan lagi. Menurutnya, saat ini ada sekitar 12.000 jaringan gas di Sidoarjo yang terbagi untuk Desa Wedoro Kecamatan Waru dan Desa Putat Kecamatan Tanggulangin. Sedangkan yang sudah berjalan operasinya, ada sekitar 9.000-10.000 rumah.

“Akan kami upayakan dapat jaringan semua. Karena di Sidoarjo ada sekitar 500.000 KK. Tapi, kalau ada pengeboran jangan dilarang atau ditolak. Itu mau ngebor gas bukan lumpur yang dibor,” pungkasnya.(pur)

Keterangan gambar : Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengecek kondisi jaringan gas di rumah Masrukah dan Ponpes Manbaul Hikam, Desa Putat, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo.(foto:mus purmadani)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/08/130817-pur-sidoarjo-esdm-1-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/08/130817-pur-sidoarjo-esdm-1-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,jargas,menteri esdm,sidoarjo
ADAKITANEWS, Sidoarjo - Menteri Sumber Daya Energi dan Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengecek pemanfaatan Jaringan Gas (Jargas) yang ada di Desa Putat Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo, Minggu (13/08). Setibanya di lokasi, Menteri ESDM yang menggunakan mobil dinas bernopol RI 34 itu langsung mengecek pemanfaatan Jargas yang ada di rumah Masrukah....