ADAKITANEWS, Blitar – Ajang Desa Berseri yang digalakkan oleh Pemkab Blitar memaksa para warga di 22 dari 243 desa yang mewakili masing – masing Kecamatan di Kabupaten Blitar untuk berkreasi demi meraih predikat juara, tak terkecuali para warga Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro.

=========

Di Desa yang hanya berjarak 3 kilometer dari Kota Blitar tersebut menampilkan suatu kreatifitas yang justru menjadikan ikon tersendiri. Sebuah karya seni street-art yang cukup menarik, dimana aspal desa, dikreasikan menjadi kanvas panjang dan dijadikan sebagai media melukis.

Pantauan di lapangan, dari 8 gang yang ada, warga RT 1/RW 1 Gang 1 Desa Minggirsari menjadi gang dengan sapuan cat terbaik. Pasalnya, jalan desa dengan total panjang sekitar 700 meter tersebut nyaris seperti sebuah kain yang dibentangkan dan digunakan sebagai jalan.

Tercatat, lebih dari 60 karakter baik tokoh wayang hingga tokoh kartun ada disana. Gambar menjadi tampak hidup saat background gambar diblok dengan warna yang menarik.

“Awalnya kita bingung mau buat apa supaya gangnya menarik, sampai akhirnya ada ide buat menggambar kartun,” kata Erwanto Ketua RT 01/01 Gang 1 Minggirsari.

Lanjut Wanto, demi mewujudkan gang yang berkreasi, warga rela mengeluarkan ongkos pribadi. “Setiap orang menyumbang uang berbeda-beda. Mulai Rp 10 ribu sampai ada yang Rp 150 ribu,” katanya.

Untuk menciptakan mahakarya berupa hamparan jalan yang memanjakan mata ini, warga harus rela meluangkan waktu istirahatnya, beramai-ramai turun ke jalan, memegang kuas, dan berkreasi.

Menurut Wanto, jalan dengan tujuan pamungkas sawah warga itu membutuhkan waktu 2 minggu hingga dapat dilalui dan dinikmati seperti sekarang. “Kita cat dua kali, supaya tidak mudah pudar. Karena kalau cuma sekali, dilewati sepeda motor sudah hilang,” tutupnya.

Hal senada dengan hal itu, Novi, pemuda desa setempat yang mengatakan bahwa kreatifitas memang dapat diluapkan, salah satunya dengan menggambar. “Daripada jadi kaum vandalis, mending menggambar seperti ini malah bagus. Kita difasilitasi, gambar bebas. Ini mendingan daripada anak anak mabuk dan melakukan hal-hal negatif lainnya,” ungkap Novi.

Novi menambahkan, semenjak gang disulap menjadi berwarna, lingkungan tempat tinggalnya menjadi ramai dikunjungi khususnya kawula muda untuk berselfie. “Semenjak jalannya portal dibuka, gang ini jadi seperti pasar. Orang orang ramai untuk berfoto. Ya mudah-mudahan, ini bisa ditiru oleh desa lain biar Blitar itu tambah ramai,” pungkasnya.(blt1)

 

Keterangan gambar: Pengunjung saat menikmati jalan di Desa Minggirsari.

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/060317-blt1-blitar-mingirsari-2-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/060317-blt1-blitar-mingirsari-2-150x150.jpgREDAKSIAda Sajaadakitanews,Berita,blitar,jalan desa,seni,unik
ADAKITANEWS, Blitar - Ajang Desa Berseri yang digalakkan oleh Pemkab Blitar memaksa para warga di 22 dari 243 desa yang mewakili masing - masing Kecamatan di Kabupaten Blitar untuk berkreasi demi meraih predikat juara, tak terkecuali para warga Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro. ========= Di Desa yang hanya berjarak 3 kilometer dari...