2015-08-16_22.35.13

ADAKITANEWS, Kediri – Mujahid merupakan salah satu tentara veteran yang berjuang secara langsung melawan penjajah. Pelakon sejarah yang menjadi saksi hidup ke besaran bangsa Indonesia yang berhasil keluar dari belenggu penjajahan hingga lahir lah hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945.

Mujahid yang lahir di Kediri,12 Agustus1924 merupakan sosok anak petani yang pada masanya ini telah dapat bersekolah hingga jenjang Tsanawiyah dan melanjutkan jenjang pendidikannya di Pondok Pesantren Lirboyo. Sosoknya yang sederhana memperlihatkan ciri khas seorang santri.

Beliau tumbuh pada masa dimana suara granat terdengar dimana- mana. Orang tertembak juga biasa. Hingga pada suatu kesempatan dirinya bertemu dengan salah satu guru ngajinya yang juga merupakan seorang pejuang. Rasa keinginan ingin mengusir penjajah muncul sejak bertemu dengan gurunya yang memberikan motivasi, selain itu Jepang dan Belanda yang sudah berani masuk ke desa – Desa.

“Pada waktu mondok (Pondok-red) itu guru saya bilang kita harus melawan penjajah, modalnya wani mati (berani mati-red). Rombongan sabilillah waktu itu namanya”. Jelas Mujahid.

Beliau di angkat menjadi veteran pada tahun 1978 sejak saat itu negara memberikan tanda jasa yang sebenarnya tidak diharapkan olehnya. Setiap 17 Agustus dan hari pahlawan juga di undang untuk upacara.

“Saya waktu itu perang bawa granat di kejar penjajah itu atas dasar cinta tanah air, tidak mikir pengen bayaran. Tapi kalo sekarang banyak tunjangan ya alhamdulillah,” ujarnya

Hingga saat ini jumlah veteran yang masih hidup hanya sebagian kecil. Teman – teman perjuangan dari Mujahid sudah banyak yang mati karena usia yang sudah tua. Namun beliau berharap akan muncul pahlawan- pahlawan baru untuk kemajuan bangsa Indonesia.

“Tinggal saya dan beberapa orang veteran lain di Kabupaten Kediri ini, yang muda- muda yang harus berjuang meneruskan cita-cita para pahlawan, MERDEKA,” Seru Mujahis dengan suara seraknya di usia yang menginjak 91 tahun.(dee)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/08/2015-08-16_22.35.13.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/08/2015-08-16_22.35.13-150x150.jpgRedaksiTokohkediri,kemerdekaan,Pejuang
ADAKITANEWS, Kediri - Mujahid merupakan salah satu tentara veteran yang berjuang secara langsung melawan penjajah. Pelakon sejarah yang menjadi saksi hidup ke besaran bangsa Indonesia yang berhasil keluar dari belenggu penjajahan hingga lahir lah hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Mujahid yang lahir di Kediri,12 Agustus1924 merupakan sosok anak...