ADAKITANEWS, Blitar – Dalam Video yang berdurasi 1,17 menit itu memperlihatkan detik – detik 6 penambang yang berlari menyelamatkan diri dari terjangan air bah yang terjadi pada Sabtu (25/02) sore sekitar pukul 17.00 WIB. Video amatir yang belum diketahui pemiliknya itu menggambarkan bagaimana aliran air dari hulu sungai berubah menjadi air bah yang mampu menyeret truk pengangkut pasir hanya dalam hitungan detik.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim Adakitanews.com menyebutkan, video amatir ini diambil tanggal 25 Februari 2017 lalu, yang berlokasi di sabo dam paling atas Sungai Bladak. Banjir bandang terjadi setelah puncak Gunung Kelud diguyur hujan lebat sekitar dua jam sebelumnya. Sementara lokasi penambangan pasir berada sekitar 25 meter dari sabo dam tersebut.

Ada sekitar enam truk dan empat penambang yang terlihat masih beraktivitas. Mereka akhirnya terseret banjir bandang, hingga dua truk terjebak sementara dua orang penambang, Sudarmanto dan Samiaji tergulung sejauh sekitar satu kilometer.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Blitar, Ganef Rahmawanto saat.dikonfirmasi membenarkan peristiwa ini. Kata dia, banjir menggulung apapun yang menghalanginya, tak terkecuali 6 truk pengangkut dan 4 orang penambang pasir.

“Jadi pada Sabtu sore lalu, ada enam truk yang terseret, dua terguling dan terjebak material, sementara ada dua penambang yang dilarikan ke rumah sakit karena terluka parah,” terang Ganef saat menjenguk korban di RSD Ngudi Waluyo Wlingi Blitar, Jumat (03/03) siang.

Lebih jauh, Ganef menuturkan jika pihaknya telah mengimbau agar para penambang tidak beraktivitas saat cuaca buruk di puncak Kelud, dengan harapan agar tidak terjadi hal serupa.

“Kita sudah ingatkan sejak lama, namun mereka tetap beraktivitas karena menyangkut urusan perut,”pungkasnya.(blt1)

Keterangan video : Detik-detik banjir bandang yang menggulung para penambang.(Grup WA : Salam Kemanusiaan – Blitar)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/video-lahar-dingin-kelud.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/video-lahar-dingin-kelud-150x150.jpgREDAKSIAda Videoadakitanews,Berita,blitar,Gunung Kelud,lahar dingin,video amatir
https://youtu.be/lkweVTMysvo ADAKITANEWS, Blitar - Dalam Video yang berdurasi 1,17 menit itu memperlihatkan detik - detik 6 penambang yang berlari menyelamatkan diri dari terjangan air bah yang terjadi pada Sabtu (25/02) sore sekitar pukul 17.00 WIB. Video amatir yang belum diketahui pemiliknya itu menggambarkan bagaimana aliran air dari hulu sungai berubah...