Otak Pelaku Curanmor Spesialis Sekolah Ditembak

483

ADAKITANEWS, Tulungagung – Tim Buser Satreskrim Polres Tulungagung menjelang akhir tahun mendapat kado istimewa dengan keberhasilan membekuk seorang tersangka dari empat komplotan pencurian kendaraan bermotor yang selama ini beraksi di sejumlah sekolah.

Dalam penangkapannya, tersangka Kasiaman alias Sandiman, 30, warga Rejoso Kabupaten Pasuruan yang merupakan otak pencurian terpaksa harus ditembak di kedua kakinya, lantaran berusaha kabur dari tempat persembunyiannya di Situbondo, Rabu (20/12) malam.

“Tersangka yang berhasil kita lumpuhkan, merupakan otak dari serangkaian pencurian kendaraan bermotor di kawasan sekolah dan kampus. Sedangkan, tiga pelaku lainnya yang merupakan komplotan tersangka sudah ditangkap oleh Satreskrim Polres Blitar Kota,” kata Kapolres Tulungagung, AKBP Yong Ferrydjon, Jumat (22/12).

Lanjut AKBP Yong Ferrydjon, dari keterangan tersangka, dalam menjalankan aksinya ia selalu bersama ketiga pelaku komplotannya. Setidaknya komplotan ini telah melakukan aksinya di 13 TKP. Sembilan kali di wilayah Polres Tulungagung, dan empat kali di wilayah Blitar Kota.

“Selain tersangka, kita juga mengamankan tiga unit sepeda motor hasil aksinya di sejumlah sekolah dan kampus di Tulungagung,” ujar AKBP Yong Ferrydjon.

Dalam setiap aksinya di sekolah, tersangka bersama ketiga rekannya menyamar sebagai siswa dan orang tua murid, kemudian mendatangi lokasi parkir motor milik siswa. Dengan kunci T, mereka berhasil membawa kabur motor hasil curian.

Tidak tanggung-tanggung, dalam satu TKP pelaku bahkan pernah berhasil menggasak tiga motor sekaligus. Seperti yang terjadi di SMKN 2 Boyolangu, SMAN Gondang dan IAIN Tulungagung.

“Kami masih melakukan pengembangan kasus ini. Untuk tersangka kita jerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman minimal tujuh tahun penjara,” pungkas Kapolres.(bac)

Keterangan gambar : Tersangka otak pencurian sepeda motor dan Kapolres Tulungagung, AKBP Yong Ferrydjon, saat pers rilis dengan wartawan.(foto : acta cahyono)