download (4)@dakitanews Kediri – Jelang Idul Adha, harga kambing kurban di Kabupaten Kediri alami kenaikan mencapai 200 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Kenaikan ini disebabkan karena langkanya pakan ternak lokal akibat musim kemarau. Para peternak terpaksa harus mendatangkan pakan dari luar kota untuk memenuhi konsumsi kambing yang mereka jual.

Hari raya kurban tinggal beberapa hari lagi, namun banyak para peternak yang mengeluh kesulitan mencari pakan ternak lokal, dan harus mendatangkan pasokan pakan daari luar kota, karena rumput yang menjadi makanan utama kambing-kambing mengering akibat musim kemarau.

Para peternak pun terpaksa menaikkan harga kambing untuk menyeimbangkan antara harga kambing dan pakannya karena tak ingin merugi. Seperti halnya, tempat penjualan kambing kurban milik Agus Mujiono Desa Sumberejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri yang mendatangkan pakan luar kota sejak seminggu lalu karena stok pakan lokal sudah langka karena musim kemarau.

Agus Mujiono mengatakan dirinya memiliki 200 ekor kambing yang siap untuk dijual. Namun karena di Kediri sudah tidak ada lagi pakan, dirinya terpaksa membeli pasokan pakan dari Kabupaten Lamongan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi kambingnya.

“ Kalau pakan disini ada 3 varietas yakni rumput, kedelai, daun kangkung nanti di campur semua. Karena di Kediri rumputnya pada kering terpaksa kami membeli pasokan dari Lamongan 1 truk engkel. Biasanya kalau segitu cukup untuk 1 bulan,” jelas Agus Mujiono

Agus juga menambahkan semua pakan yang dikonsumsi kambingnya mengalami kenaikan.” Semuanya pakan naik, seperti daun kangkung yang biasanya 600 rupiah perkilo, kini 2000 rupiah perkilo. Kuling kacang hijau semula 1500 rupiah, kini 1800 rupiah perkilo. Sedangkan rumput semula 2700 perkilo kini menjadi 3000 rupiah perkilo,” imbuh Agus.

Seperti halnya Agus, Bambang Winarto penjual kambing kurban mengatakan karena stok yang minim dan tingginya permintaan pakan ternak membuat harga hewan kurban mengalami kenaikan.

“ Harga kambing kurban naik antara 200 hingga 500 ribu rupiah setiap ekornya. Yang paling rendah harganya 1 juta 500 ribu rupiah per ekor, sedangkan untuk yang paling mahal 3 juta 500 ribu rupiah itupun yang ukuran jumbo, mas,” ujar Bambang.

Untuk diketahui, Tahun ini Pemerintah Kabupaten Kediri menyiapkan 13 ribu kambing dan 18 sapu untuk kurban.(tya)

Keterangan Gambar : Ilustrasi hewan kurban

RedaksiHukum Kriminal
@dakitanews Kediri – Jelang Idul Adha, harga kambing kurban di Kabupaten Kediri alami kenaikan mencapai 200 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Kenaikan ini disebabkan karena langkanya pakan ternak lokal akibat musim kemarau. Para peternak terpaksa harus mendatangkan pakan dari luar kota untuk memenuhi konsumsi kambing yang mereka jual. Hari...