Panwascam Ditargetkan Mulai Aktif November

1263

ADAKITANEWS, Jombang – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jombang menargetkan pada bulan November mendatang Panwaslu tingkat kecamatan sudah mulai aktif melakukan pengawasan.

Untuk mencapai target tersebut, Panwaslu Kabupaten Jombang melakukan tahapan tes tulis bagi calon anggota Panwaslu Kecamatan pada, Selasa (31/10). Tahapan tes tulis bagi calon anggota Panwaslu Kecamatan yang diselenggarakan oleh Panwaslu Kabupaten Jombang di gedung Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) tersebut, diikuti oleh 325 peserta.

Anggota Panwaslu Kabupaten Jombang, Ahmad Udi Masjkur mengatakan, terdapat 36 peserta yang absen dan tidak mengikuti tahapan tersebut, jumlah tersebut diketahui dari total peserta yang terdaftar sebelumnya yakni sejumlah 361 peserta.

“Dari seluruh peserta yang mengikuti tes tulis tersebut, selanjutnya akan kita jaring menjadi 6 besar yang nantinya akan mengikuti ujian wawancara pada tanggal 6 hingga 7 November mendatang. Kita dikejar waktu karena pada bulan November kita targetkan Panwascam sudah terbentuk dan mulai aktif,” ungkap Ahmad Udi Masjkur saat diwawancarai Tim Adakitanews.com.

Untuk diketahui, Panwaslu Kabupaten Jombang nantinya akan menetapkan 3 anggota Panwascam di masing–masing kecamatan setelah dilakukannya semua tahapan seleksi. Sedangkan untuk masa kerja Panwascam sendiri, Ahmad Udi Masjkur menerangkan bahwa masa jabatan Panwascam adalah selama 9 bulan. “Sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 masa periodesasi jabatan Panwascam selama 9 bulan,” tandasnya.

Ahmad Udi Masjkur juga menyinggung soal pengawasan terhadap tahapan persiapan pemilu 2019. “Panwascam nantinya selain melakukan pengawalan terhadap proses Pemilukada, juga ikut serta dalam mengawasi tahapan persiapan Pemilu 2019. Karena hari ini tahapan persiapan Pemilu sudah mulai berjalan, seperti proses tahapan verifikasi faktual yang dalam waktu dekan akan berjalan,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Peserta ujian tes tulis terlihat sedang mengerjakan soal yang diberikan. (atas) Anggota Panwaskab Jombang, Ahmad Udi Masjkur saat diwawancarai.(foto:adi rosul)