ADAKITANEWS, Kota Kediri – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kediri mengaku telah mendeteksi adanya negative campaign atau kampanye negatif menjelang masa penetapan pasangan calon peserta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri 2018.

Dikonfirmasi awak media usai rapat pleno penetapan paslon di kantor KPU Kota Kediri, Komisioner Panwaslu Kota Kediri Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Mansur mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melihat adanya negative campaign menjelang proses pesta demokrasi di Kota Kediri.

“Kalau black campaign belum. Tapi kalau negative campaign sudah mulai. Tetapi jika masih di luar atau sebelum penetapan pasangan calon, tentu Panwaslu belum bisa menindaklanjuti,” katanya, Senin (12/02) malam.

Mansur menjelaskan, terhitung sejak masa penetapan paslon, jika ada laporan terkait black campaign atau negative campaign, pihaknya akan langsung menindaklanjuti.

Negative campaign yang terlihat, menurut Panwaslu, adalah adanya upaya menggiring opini masyarakat tentang hal-hal negatif salah satu pasangan calon. “Negative campaign itu adalah, sesuatu yang dilakukan salah satu pasangan calon yang memang nyatanya ada. Misalnya indikasi pidana dan semacamnya, itu yang dibesar-besarkan. Dan kalau black campaign itu bedanya adalah (isinya,red) fitnah,” jelasnya.

Sekadar diketahui, dalam rapat pleno penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri telah resmi menetapkan 3 paslon. Yakni pasangan petahana Abdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah, pasangan Aizzudin Abdurrahman – Sujono Teguh Wijaya, dan pasangan Samsul Ashar – Teguh Juniadi.(kur)

Keterangan gambar: Tiga calon Walikota Kediri. (dari kiri) Abdullah Abu Bakar, Aizzudin Abdurrahman, dan Samsul Ashar.(dok. Adakitanews.com)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/01/160118-kur-kediri-tes-kesehatan-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/01/160118-kur-kediri-tes-kesehatan-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,black campaign,kediri,negative campaign,pilwali
ADAKITANEWS, Kota Kediri – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kediri mengaku telah mendeteksi adanya negative campaign atau kampanye negatif menjelang masa penetapan pasangan calon peserta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri 2018. Dikonfirmasi awak media usai rapat pleno penetapan paslon di kantor KPU Kota Kediri, Komisioner Panwaslu Kota Kediri Divisi...