ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebagai antisipasi penggunaan anggaran yang bersumber dari keuangan desa yang dipergunakan untuk kegiatan kampanye, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulungagung meminta kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) untuk lebih intens melakukan pemantauan.

Ketua Panwaslu Tulungagung, Endro Sunarko menyatakan potensi penyalah gunaan dana desa untuk keperluan kegiatan kampanye bagi calon Kepala Daerah dalam Pilkada 2018, sangat memungkinkan.

“Memang sampai sekarang kita belum menemukan pelanggaran tersebut (penggunaan dana desa,red). Tapi kemungkinan terjadi penyelewengan bisa saja terjadi,” kata Ketua Panwaslu Tulungagung, Endro Sunarko, saat kegiatan Rapat Koordinasi dengan Panwascam, Rabu (28/03).

Lanjut Endro, penyelewengan tersebut bisa saja dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh Karang Taruna.

“Karang Taruna mengadakan sebuah kegiatan yang dibiayai oleh desa, namun dalam pelaksanaannya, mengundang calon, ini contohnya,” ujarnya.

“Karena itu, kita sampaikan pada Panwascam dan PPL untuk terus melakukan pemantauan, termasuk dari mana biaya kegiatan tersebut,” tambah Endro.

Endro menyampaikan selama pemantauannya terhadap kegiatan yang diselenggarakan di tingkat desa, didapatkan bahwa anggaran tersebut berasal dari relawan dan donatur. Meski demikian, pihaknya akan terus memelototi setiap kegiatan di desa-desa, mengingat waktu kampanye masih panjang.(bac)

Keterangan gambar : Rapat koordinasi yang dilaksanakan Panwaslu.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/280318-bac-tulungagung-karang-taruna-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/280318-bac-tulungagung-karang-taruna-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,karang taruna,panwaslu,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebagai antisipasi penggunaan anggaran yang bersumber dari keuangan desa yang dipergunakan untuk kegiatan kampanye, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulungagung meminta kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) untuk lebih intens melakukan pemantauan. Ketua Panwaslu Tulungagung, Endro Sunarko menyatakan potensi penyalah gunaan dana desa...