pekan buadaya@dakitanews Kediri – Pembukaan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri di Kawasan Monumen Simpang Lima Gumul (SLG), akhirnya Minggu (10/8) siang diresmikan langsung oleh Hj Hariyanti Sutrisno selaku Bupati Kediri. Dalam acara ini hadir pula tamu undangan yakni Forpimda Kabupaten Kediri, Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri, Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur, Wakil Bupati Tulungagung, Sekkab Blitar, Bupati Malang, Bupati Bondowoso, Bupati Probolinggo, Bupati Banyuwangi, Bupati Jaan Pekan Jembrana, Bali, Bupati Situbondo dan Konsul Jendral Amerika di Surabaya.

Pekan budaya dan pariwisata ini diikuti oleh seluruh instansi Pemerintah Kabupaten Kediri, serta Kabupaten ataupun Kota luar Kediri dengan pagelaran pameran UMKM, produk-produk unggulan serta Wisata Budaya. Berbagai kesenian khas daerah ditampilkan oleh masing-masing daerah yang ikut andil dalam kegiatan ini.

Pekan budaya Kabupaten Kediri kali ini bekerjasama dengan 1.000 seniman lokal asli Kediri dan 500 seniman dari berbagai wilayah di Jawa Timur yang menunjukkan kemampuannya dalam pembukaan Pekan Budaya. Menandai pembukaan pekan budaya, Bupati Kediri yang memecah kendi berisi air tujuh sumur. Setelah itu dilanjutkan dengan tarian tentang Dewi Kilisuci, dan parade mobil hias serta beberapa parade tamu dari luar Kota.

Para undangan maupun warga masyarakat yang menyaksikan pembukaan pekan budya terpukau dengan sajian parade seni budaya tersebut. Prosesi parade seni dan mobil hias menempuh jarak hingga 5 km dan berakhir di Halaman Pemkab Kediri. Hadirnya musik patrol Kelabang Songo dari Kota Kediri Probolinggo dengan ornamen warna warni berbentuk perahu besar berukuran 8×2 mendapat aplaus dari tamu undangan. Secara umum warna lokal daerah masing-masing tamu budaya dipentaskan dengan intens dan total selama pekan budaya berlangsung.

Hj. Haryanti Sutrisno Bupati Kediri dalam pembukaan pekan budaya dan pariwisata mengatakan agar masyarakat dan tamu undangan lebih memperhatikan produk unggulan masyarakat Kapubaten Kediri khususnya dalam seni. “ Kami berharap agar potensi produk unggulan di Kabupaten Kediri bisa berkembang. Melalui kegiatan ini UMKM, serta produk unggulan di Kabupaten Kediri bisa dikenal banyak orang,” jelas Bupati Kediri. (adv/tya)

Keterangan Gambar : Bupati Kediri saat melakukan prosesi pembukaan pekan budaya

RedaksiAdvertorial
@dakitanews Kediri – Pembukaan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri di Kawasan Monumen Simpang Lima Gumul (SLG), akhirnya Minggu (10/8) siang diresmikan langsung oleh Hj Hariyanti Sutrisno selaku Bupati Kediri. Dalam acara ini hadir pula tamu undangan yakni Forpimda Kabupaten Kediri, Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri, Kepala Dinas Pariwisata...