ADAKITANEWS, Blitar – Penilaian Lomba Pengelolaan Pasar Desa tingkat Provinsi Jawa Timur di Pasar Kutukan Garum berlangsung pada Selasa (21/03) pagi. Dari hasil sementara, pasar yang berada di Desa Slorok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar tersebut diprediksi berpeluang menjadi juara lantaran dianggap telah melakukan pengelolaan dengan baik.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapemas) Kabupaten Blitar, Mujianto mengatakan, lomba pengelolaan pasar desa ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun. Dan untuk tahun ini, Pasar Kutukan menjadi salah satu nominasinya.

“Kegiatan ini memang dalam rangka membina dan memotivasi untuk mengembangkan pasar desa di seluruh Jawa Timur. Alhamdulillah kita menjadi salah satu nominasi dari ratusan pasar desa yang ada. Awalnya kita masuk 11 besar, kemudian ada presentasi yang mengerucutkan Pasar Kutukan masuk nominasi 5 besar,” kata Mujianto kepada Tim Adakitanews.com, Selasa (21/03).

Menurut Mujianto, hasil penilaian yang dilakukan oleh tim partisi, akademisi, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menyatakan jika pengelolaan pasar kutukan ini hampir sempurna. “Pengelolaan pasar nyaris sempurna, tetapi ada sedikit catatan dari tim penilai seperti sanitasi yang perlu kedalaman,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai yang juga sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Ir Mohammad Yasin, MSi mengatakan penilaian ini memang menitikberatkan pada pengelolaan pasar desa. Untuk pasar kutukan Desa Slorok ini memang pengelolaannya hampir sempurna. “Pasar ini sudah dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), artinya sudah dikelola desa dengan baik. Meskipun ada beberapa catatan seperti kebersihan dan juga drainase yang perlu perbaikan, namun kami memaklumi memang kondisi pasar seperti itu,” katanya usai melakukan penilaian.

Saat ditanya peluang Kabupaten Blitar untuk menjadi juara, Yasin mengaku semua pasar desa yang masuk 5 besar mempunyai peluang yang sama. “Semuanya punya peluang yang sama baik Blitar, Trenggalek, Gresik, Lamongan, maupun Mojokerto. Untuk pengumuman juaranya akan kami lakukan saat peringatan Bulan Bakti Gotong Royong (BBGRM) di Tulungagung pada tanggal 3 Mei nanti oleh Gubernur,” jelasnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana penyampaian hasil penilaian di pasar kutukan Desa Slorok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/20170321_161745-1024x576.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/20170321_161745-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,blitar,pasar desa,pasar kutukan garum
ADAKITANEWS, Blitar - Penilaian Lomba Pengelolaan Pasar Desa tingkat Provinsi Jawa Timur di Pasar Kutukan Garum berlangsung pada Selasa (21/03) pagi. Dari hasil sementara, pasar yang berada di Desa Slorok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar tersebut diprediksi berpeluang menjadi juara lantaran dianggap telah melakukan pengelolaan dengan baik. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat...