ADAKITANEWS, Kota Madiun – Pasar Puntuk, sebuah nama yang tidak asing bagi masyarakat kota Madiun. Disebut “Pasar Puntuk” karena berlokasi di sepanjang Gang Puntuk Kelurahan Kejuron Kecamatan Taman Kota Madiun. Mendengar nama ini, ingatan orang akan langsung terkait dengan barang bekas.

=========

Ada banyak macam barang bekas yang bisa ditemui di lokasi tersebut. Mulai dari pakaian, gerabah, sepatu, elektronik, buku pelajaran bekas, dan masih banyak lagi. Pasar ini tetap eksis selama berpuluh tahun, meski ditengah perkembangan zaman banyak muncul pasar traditional yang dimodernkan ataupun pusat perbelanjaan modern, pasar ini tetap eksis serta memiliki pelanggan tersendiri.

Tidak ada yang mengetahui pastinya kapan lokasi ini berdiri. “Kapan awalnya saya tidak tahu. Yang jelas semenjak saya disini tahun 1962, Pasar ini sudah ada,” jelas Heru Santoso. Lelaki 55 tahun yang juga menjabat Ketua RT di lingkungan tersebut juga menyampaikan, ada sekitar 100 pedagang yang mengais rezeki di Pasar tersebut.

Selain menikmati jalan-jalan santai sambil sesekali mampir di beberapa stan, Tim Adakitanews.com berhasil mewancarai beberapa pedagang, yang beraktivitas di lokasi tersebut. “Omzet harian saya sekitar Rp 50 ribu dalam sehari,” jelas Kamiah, wanita berumur 50 tahum, warga Gang Puntuk RT 2/RW 1 Kelurahan Kejuron Kecamatan Taman Kota Madiun, yang menggelar dagangan pakaian bekas.

Senada dengan Mariyem, 51, pedagang gerabah bekas yang juga merupakan warga Gang Puntuk. Setiap hari, selalu ada pengunjung yang mencari dagangannya. Meski demikian, rasa khawatir kehilangan pelanggan tetap saja ada. “Wajar kalau kita khawatir banyak pertokoan yang menjual dengan sistem diskon besar-besaran,” lanjut mereka.

Meskipun kerap dibayangi faktor konsumen yang terbatas, tapi perasaan optimis tetap terpancar dari wajah-wajah mereka. Para pedagang, yang selama ini mempertahankan eksistensi dan legenda di lokasi tersebut tetap yakin, jika “Pasar Puntuk” akan terus memiliki pengemar atau pelanggan tersendiri, yang tidak pernah termakan waktu.(bud)

Keterangan gambar: Aktivitas jual beli di Pasar Puntuk Kota Madiun.(foto: budiyanto)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/20170305_130923-1024x768.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/03/20170305_130923-150x150.jpgREDAKSIAda Sajaadakitanews,barang bekas,Berita,madiun,pasar untuk
ADAKITANEWS, Kota Madiun - Pasar Puntuk, sebuah nama yang tidak asing bagi masyarakat kota Madiun. Disebut 'Pasar Puntuk' karena berlokasi di sepanjang Gang Puntuk Kelurahan Kejuron Kecamatan Taman Kota Madiun. Mendengar nama ini, ingatan orang akan langsung terkait dengan barang bekas. ========= Ada banyak macam barang bekas yang bisa ditemui di...