Peta Pusat Gempa-1

ADAKITANEWS, Madiun – Ratusan warga Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, masih dilanda rasa khawatir akan gempa susulan. Mereka khawatir gempa Kamis (25/6) siang lalu mengakibatkan puluhan rumah di lereng Gunung Pandan retak, kembali terjadi.

“Kami berkumpul di halaman rumah salah satu warga untuk berjaga-jaga, jika ada gempa susulan bisa secepatnya bertindak,” kata Sukardi warga Desa Klangon, Jumat (26/6).

Gempa berkekuatan 4,2 Skala Ritcher yang berlokasi di titik 7.73 Lintang Selatan, 111.69 Bujur Timur dengan jarak 12 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Madiun dan berkedalaman 10 km itu membuat warga kaget. Sebab, dari 8 kali gempa dirasakan warga sejak 3 bulan terakhir,  baru kali akibatkan keretakan pada lantai, tembok rumah warga dan jalan desa.

Dilokasi gempa, retakan trrjadi  di sejumlah titik dengan panjang antara satu meter hingga 3  meter. Adapun lebarnya hingga 5 cm. Akibat lain, sejumlah genteng rumah warga di Dusun Pohulung rusak.

Marsono warga lainnya menyatakan tidak bisa memprediksi kerugian material dialami warga lantaran kerusakannya tidak terlalu parah. Selain itu, bangunan rumah yang bagian tembok dan lantainya retak masih tetap berdiri.

“Terpenting semuanya selamat, kami tetap was-was kalau terjadi gempa susulan karena keretakannya (di tembok dan lantai rumah) semakin lebar,” ujarnya. (UK)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/06/Peta-Pusat-Gempa-1.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2015/06/Peta-Pusat-Gempa-1-150x150.jpgRedaksiDaerahGempa,madiun
ADAKITANEWS, Madiun - Ratusan warga Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, masih dilanda rasa khawatir akan gempa susulan. Mereka khawatir gempa Kamis (25/6) siang lalu mengakibatkan puluhan rumah di lereng Gunung Pandan retak, kembali terjadi. 'Kami berkumpul di halaman rumah salah satu warga untuk berjaga-jaga, jika ada gempa...