ADAKITANEWS, Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung akhirnya menyatakan menerima berkas pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung untuk jalur perseorangan, Suparlan – Suprayitno dalam Pilkada serentak 2018.

Pasangan tersebut datang ke KPU setempat pada pukul 21.45 WIB dengan membawa puluhan pendukungnya. Setelah berkas pendaftaran diserahkan, KPU langsung melakukan verifikasi berkas, Rabu (10/01).

Butuh waktu 2 jam lebih bagi petugas verifikator melakukan pemeriksaan berkas. Dan tepat pada pukul 00.08 WIB dinihari, pihak KPU baru selesai memeriksa berkas.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno menyatakan, meski KPU menerima pendaftaran pasangan Suparlan – Suprayitno, namun masih banyak ditemukan sejumlah kekurangan dalam persyaratan yang diserahkan bakal calon ini.

“Setelah dilakukan rapat pleno, KPU menerima berkas tersebut. Namun pihak pasangan bakal calon harus melengkapi kekurangan pada masa perbaikan,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, Kamis (11/01).

Berkas yang dinyatakan kurang oleh KPU tersebut diantaranya, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Laporan Harta Kekayaan Penyelengga Negara (LHKPN), surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang, serta sejumlah persyaratan lainnya.

“Untuk persyaratan pencalonan sudah ada, yakni hasil verifikasi dukungan tahap awal. Sedangkan yang kurang adalah berkas calon yang bersangkutan,” ujarnya.

Sementara itu Bakal calon Bupati Tulungagung, Suparlan mengaku menerima hasil keputusan rapat pleno yang dilaksanakan KPU Tulungagung. Dirinya pun bersama pasangan berjanji akan segera memenuhi kekurangan berkas tersebut.

Suparlan mengaku beratnya memenuhi persyaratan untuk menjadi calon lewat jalur perseorangan. Dirinya berharap kepada beberapa pihak untuk mempertimbangkan lagi tentang persyaratan pencalonan Kepala Daerah lewat jalur perseorangan agar bisa dipermudah.

“Kami yang tumbuh dari masyarakat, yang namanya independen juga tumbuh dari rakyat, tapi rasanya sangat berat sekali persyaratannya itu,” ujarnya.

Suparlan menambahkan, jika persyaratan dipermudah semua pihak bisa bersama-sama berjuang dan menikmati Pilkada ini dengan jujud dan adil. Karena memimpin dan dipimpin itu adalah hak semua warga. Meskipun demikian, Suparlan akan tetap berusaha menggalang dukungan sehingga mampu memenuhi persyaratan dukungan masyarakat pada masa perbaikan.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilkada Tulungagung pada akhir Desember 2017 lalu, berkas dukungan yang memenuhi syarat adalah sebanyak 18.721 dukungan. Pasangan Suparlan-Suprayitno ini, diketahui masih memiliki kekurangan sebanyak 45.031 pendukung.

Sesuai aturan, untuk memperbaiki berkas dukungan maka pada tahap selanjutnya pasangan tersebut harus menyerahkan dua kali dari jumlah kekurangan dukungan atau sebanyak 90.062 pendukung. Sedangkan waktu pernyerahan berkas untuk perbaikan, dijadwalkan akan dilaksanakan tanggal 18 – 20 Januari 2018 mendatang.(bac)

Keterangan gambar : Pasangan Suparlan – Suprayitno mendaftar jelang penutupan masa pendaftaran.(foto : acta cahyono)

http://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/01/110118-bac-tulungagung-paslon-independen-1024x573.jpghttp://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/01/110118-bac-tulungagung-paslon-independen-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,calon independen,pilkada,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung akhirnya menyatakan menerima berkas pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung untuk jalur perseorangan, Suparlan – Suprayitno dalam Pilkada serentak 2018. Pasangan tersebut datang ke KPU setempat pada pukul 21.45 WIB dengan membawa puluhan pendukungnya. Setelah berkas pendaftaran diserahkan, KPU langsung melakukan...