upacara@dakitanews Kediri – Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2014 diperingati Pemerintah Kabupaten Kediri dengan cara menggelar upacara bendera di lapangan kantor Pemda Kediri yang bertemakan “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi”.

Tujuan dari tema tersebut adalah ikut mengukuhkan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Ditengah rongrongan paham yang tidak sesuai dengan semangat Ideologi Bangsa yakni Pancasila. Hal ini disampaikan oleh ketua DPRD Kabupaten Kediri, Sulkani dalam pidatonya di upacara tersebut.

“Pada momen ini, kita kuatkan ideologi Pancasila sebagai dasar Negara untuk melindungi dari rongrongan ideologi yang yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” ucapnya dalam pidato, pada Rabu pagi tadi (1/10).

Upacara tersebut dimulai pada pukul 07.00 Wib dan berakhir pada pukul 08.00 WIB. Inspektur upacara dipegang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri, Supoyo. Sedangkan komandan upacara dipimpin oleh Kapten Infantri Walifatma.

Ada yang menarik perhatian dari upacara kali ini. Sederatan lukisan pahlawan Revolusi terpampang rapih di tepi lapangan. Tujuannya agar rakyat mengingat akan pahlawan-pahlawan yang mati di lubang buaya. Selain itu sebagai simbol perjuangan mempertahahankan Pancasila sebagai Ideologi Negara. “Ini untuk mengingatkan kita pada pahlawan-pahlawan yang telah meninggalkan jasa-jasanya yang besar,” ujar Supoyo, Sekda Kabupaten Kediri.

Ada beberapa unsur yang mengikuti upacara tersebut. Diantaranya, Kopri, Polri, TNI, dan siswa sekolah. Mereka berbaris rapi dengan memakai seragam masing-masing. Selain itu juga anggota Dewan tak luput dilibatkan pada event tahunan tersebut. Upacara semakin semarak dengan diiringi Marcing Band dan Paduan suara dari satuan Korpri di upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini.(anam)

Keterangan Gambar  :

RedaksiAdvertorial
@dakitanews Kediri – Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2014 diperingati Pemerintah Kabupaten Kediri dengan cara menggelar upacara bendera di lapangan kantor Pemda Kediri yang bertemakan “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi”. Tujuan dari tema tersebut adalah ikut mengukuhkan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Ditengah rongrongan paham yang tidak sesuai dengan...